Sekjen PDIP: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Ridwan Kamil Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut beberapa nama masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo. Salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 28 Jun 2023, 16:27 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 16:16 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat acara Groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno di Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023). (Foto: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat acara Groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno di Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023). (Foto: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut beberapa nama masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo. Salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil.

Meskipun keputusan akhir ada di Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, namun sinyal siapa yang bakal menjadi cawapres Ganjar beberapa kali disampaikan elite PDIP.

Saat acara Groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno di Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023), Hasto sempat membuat pantun untuk Ridwan Kamil.

Berikut petikan pantun Hasto untuk Ridwan Kamil:

Kang Emil memang kaya prestasi

Memajukan Jabar penuh daya seni

Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi

Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini

Saat ditanya lebih lanjut oleh wartawan, Hasto menegaskan, terkait bacawapres Ganjar, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan berkomunikasi dengan parpol pengusung Ganjar Pranowo serta berkonsultasi dengan Presiden Jokowi Widodo.

"Kalau kita lihat setelah Ibu Megawati mengumumkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada 21 April 2023, pagi harinya itu kan Pak Jokowi mengumumkan tentang (kandidat) calon wakil presiden dan itu juga," ucap Hasto.

Soal kandidat cawapres, politikus asal Yogyakarta ini menyebut nama-nama itu tidak berbeda dengan yang pernah disebutkan Presiden Jokowi tak lama setelah pengumuman Ganjar Pranowo sebagai capres.

"Jadi apa yang disebut Presiden Jokowi, ada Pak Ridwan Kamil, kemudian Pak Erick Thohir, Sandiaga Uno, Mahfud Md, Pak Basuki Hadimuljono, dan sebagainya. Sehingga apa yang saya sampaikan tadi betul," kata Hasto.

Hasto juga menyinggung ada satu nama lagi yang dimunculkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai bakal cawapres, yaitu Ahmad Heryawan alias Aher. Sosok asal Bandung yang merupakan mantan Gubernur Jawa Barat.

"Maka PKS sendiri kan juga menyebut Kang Aher sebagai salah satu bakal calon wakil presiden. Yang dari Bandung ini kita harapkan hari ini bergelora ide pemikiran dan semangat dari Bung Karno untuk kita gali kembali, maka yang saya sampaikan adalah cermin dari hal tersebut," ujar Hasto.

Megawati Sebut 10 Nama Kandidat Cawapres Ganjar

Hasto menegaskan, Megawati sudah menyampaikan nama-nama bakal cawapres masih dalam tahap kajian, dan jumlahnya ada 10 nama. Pengkajiannya ini dilakukan dengan sangat dinamis.

"Ibu Mega sendiri kan mengatakan, saat ini dalam kajian yang sangat dinamis ada 10 bakal calon wakil presiden," jelas Hasto.

Bagi Hasto, sosok Ridwan Kamil sendiri patut diapresiasi karena bisa menginisiasi pembangunan 11 monumen Bung Karno, yang semuanya dibangun dengan baik. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di Aljazair.

"Tentu kami memberikan apresiasi terhadap hal tersebut. Meskipun terkait dengan siapa yang nanti akan ditetapkan sebagai cawapres mendampingi Pak Ganjar Pranowo, Ibu Mega bersama dengan ketua umum partai pada momentum yang tepat tentu saja berkonsultasi dengan Presiden Jokowi akan diumumkan," tegas Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Patuh pada Aturan Golkar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat acara Groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno di Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023). (Foto: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat acara Groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno di Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023). (Foto: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com)

Sementara itu, di tempat yang sama, Ridwan Kamil menyatakan punya sikap kokoh untuk taat pada aturan partai terkait peluang diusung menjadi cawapres pada pemilu 2024.

Namun terkait pantun, ia pun memahami bahwa ketika namanya disinggung, maka tentu hal itu dianggap sebagai doa yang perlu diaminkan.

"Itu doa, jadi kalau doa kita aminkan saja. Walaupun sebagai seorang yang taat pada aturan hidup. Saya taat pada apa yang digariskan partai, Partai Golkar, sehingga apa pun kita doakan yang terbaik untuk semuanya," ujar Ridwan Kamil.

 

Infografis Puan Maharani Sebut Nama Termasuk AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Puan Maharani Sebut Nama Termasuk AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya