Relawan Prabowo Gencar Kunjungi Relawan Jokowi, Begini Tanggapan PDIP

Pengurus Rumah Besar Relawan Prabowo 08 menyambangi Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di DPP Bara JP, Jakarta Timur, Jumat (7/7/2023).

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Jul 2023, 02:14 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2023, 02:14 WIB
Pengurus Rumah Besar Relawan Prabowo 08 menyambangi Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di DPP Bara JP, Jakarta Timur, Jumat (7/7/2023).
Pengurus Rumah Besar Relawan Prabowo 08 menyambangi Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di DPP Bara JP, Jakarta Timur, Jumat (7/7/2023). (Merdeka.com/ Muhammad Genantan Saputra)

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Rumah Besar Relawan Prabowo 08 menyambangi Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di DPP Bara JP, Jakarta Timur, Jumat (7/7/2023).

Selain itu, Relawan Prabowo 08 juga mendatangi Relawan Pro Jokowi (Projo). Kedua organisasi relawan Jokowi itu diajak untuk mendukung Prabowo Subianto di pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku tidak masalah jika relawan Jokowi disambangi oleh relawan Prabowo. Sebab, relawan Jokowi lebih banyak mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres.

"Ya namanya pilpres ini kan selalu dinamis, tapi kalau secara kuantitatif jumlah relawan dari Pak Jokowi yang mendukung Pak Ganjar itu kan jauh lebih banyak," kata Hasto saat diwawancarai di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar, Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

Selain itu, dia menjelaskan, jika relawan Jokowi saat ini sangat konsisten dalam mendukung pencapresan Ganjar di pilpres 2024. Tak seperti relawan lainnya, yang secara berkala berubah-ubah dalam menentukan sikap.

"Tetapi dukungan yang substansial yang memang mendorong pergerakan sehingga kalau kita lihat dari berbagai rekam jejak yang kemarin menyatakan dukungan di luar Pak Ganjar, itu memang menunjukkan dukungan yang track record-nya fluktuatif, berubah-ubah. Dulu mau membubarkan, akhirnya enggak jadi, menolak Pak Prabowo jadi menteri, akhirnya tidak jadi," paparnya.

"Nah, yang mendukung Pak Ganjar ini sesuatu yang autentik yang esensial, sehingga tidak mengalami gelombang naik dan turun kecuali konsistensi di dalam mendukung Pak Ganjar Pranowo," imbuh dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Relawan Prabowo 08 Gencar Safari Politik ke Relawan Jokowi

Relawan Pro Jokowi (Projo) menerima kedatangan Relawan Prabowo 08 di kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta, pada Kamis (6/7/2023).
Relawan Pro Jokowi (Projo) menerima kedatangan Relawan Prabowo 08 di kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta, pada Kamis (6/7/2023). (Merdeka.com/ Alma Fikhasari)

Diketahui, Rumah Besar Relawan Prabowo 08 terus melakukan safari politik ke berbagai kelompok relawan pendukung Jokowi. Sebelumnya, mereka telah berkunjung ke Kantor DPP Projo di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2023).

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setia Setiadi, menyatakan bahwa pihaknya tidak akan buru-buru menentukan pilihan akan mendukung siapa pada pilpres 2024. Dia juga menyatakan menunggu arahan dari Jokowi.

"Mau dukung, tenang, ojo grasa-grusu, last minute aja, mas," kata Budi.

Kemudian, relawan Prabowo juga berkunjung ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat Bara JP di Jalan Kayu Putih Utara, Jakarta Timur, Jumat, (7/7/2023).

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu, Ketua Umum Barisan Rakyat Jokowi Presiden (Bara JP), Utje Gustaaf Patty mengaku mendiskusikan banyak hal. Di antaranya soal harapan untuk berada di dalam satu barisan pada pilpres 2024. Kendati demikian, pihaknya tetap akan patuh pada instruksi Jokowi.

"Dan kita berharap silahturahmi seperti ini, jika kita jadi satu pihak pada akhirnya di kontestasi pilpres, bagus," kata Utje.

Kalaupun tidak satu tim, tentu hubungan silahturahmi dapat mendorong terciptanya pemilu 2024 yang bermartabat.

"Karena kita sama-sama teman kan. Tidak ada lagi polarisasi yang tajam. Saya rasa inisiatif yang luar biasa," kata Utje.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

 

Infografis Heboh Kepala BIN Sebut Aura Jokowi Sebagian Pindah ke Prabowo
Infografis Heboh Kepala BIN Sebut Aura Jokowi Sebagian Pindah ke Prabowo (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya