Andika Perkasa Potensial Jadi Cawapres Ganjar, Punya Nilai Lebih di Bidang Militer

Pengamat Politik Emrus Sihombing memandang, Jenderal (purn) Andika Perkasa menjadi sosok paling pas untuk menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) mendampingi Ganjar Pranowo pada Pada Pemilu 2024.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 20 Jul 2023, 21:47 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2023, 21:45 WIB
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo saat menghadiri puncak perayaan Bulan Bung Karno
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo saat menghadiri puncak perayaan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Sabtu (24/6/2023). (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Emrus Sihombing memandang, Jenderal (purn) Andika Perkasa menjadi sosok paling pas untuk menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024. Dia pun mengurai, berbagai faktor yang menjadi jawaban mengapa Ganjar harud mempertimbangkan nama Jenderal (purn) Andika Perkasa.

“Andika Perkasa dipercaya Presiden Jokowi memegang tanggung-jawab luar biasa di berbagai jabatan strategis seperti Komandan Paspampres Jokowi, Pangkostrad, KASAD hingga memegang posisi tertinggi di tentara kita yaitu sebagai Panglima TNI. Dari tanggung-jawab dan jabatan tersebut, dapat dipastikan Andika Perkasa memiliki kompetensi yang sangat mumpuni,” kata Emrus dalam keterangan diterima, Kamis (20/7/2023).

Seain itu, kata Emrus, dari tampak postur tubuh dan kepribadiannya, ia pun sehat jasmani dan rohani, sebagai salah satu persyaratan Bacawapres di Indonesia. Emrus juha menilai sosok Andika adalah pemimpin yang dekat dengan prajuritnya ini, terebih bila melihat latar akademiknya yang bergelar akademik doktor dan tiga master dari perguruan tinggi bergensi di dunia.

“Oleh karena itu, pada namanya terpampang Jenderal (Purn) Andika Perkasa S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D,” ungkap Emrus.

Meski berpendidikan tinggi, Emrus memastikan sosok Andika Perkasa adalah tokoh yang rendah hati, bersahaja dan sangat bersahabat kepada semua lapisan masyarakat.

Apalagi, pengalaman di bidang militernya yang mampu melengkapi kepemimpinan Ganjar Pranowo ketika kelak terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Negara Republik Indonesia periode 2024 - 2029.

“Andika Perkasa menurut hemat saya, sangat paham betul tentang pengelolaan pertahanan dan keamanan dalam negeri serta hubungannya dengan dinamika relasi dengan dunia internasional dalam konteks pertahanan. Karena itu saya berpendapat, ia pun memahami betul pengelolaan geopolitik dan geostrategi pertahanan dan keamanan,” jelas Emrus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pantas Dampingi Ganjar

Emrus pun menyarankan, kepada semua koalisi partai pengusung dan pendukung Ganjar Pranowo segera ‘melamar’ Andika Perkasa menjadi pasangan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 sebagai Bacawapres.

“Andika salah satu putra terbaik negeri ini yang paling pas mendampingi Ganjar Pranowo untuk memimpin Indonesia ke depan sebagai negara kepulauan, luas, yang termasuk jumlah penduduk terbesar di dunia dan sangat multikultur,” Emrus menutup.

 

Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya