Akrab Ngopi Bareng, Seberapa Besar Peluang Mahfud Md Jadi Cawapres Ganjar Menurut Survei?

Momen akrab ngopi bareng dengan Mahfud Md itu diunggah di akun Instagram Ganjar Pranowo.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 11 Sep 2023, 09:25 WIB
Diterbitkan 11 Sep 2023, 09:25 WIB
Momen Akrab Mahfud Md Ngopi Bareng Ganjar Pranowo
Momen akrab Menko Polhukam Mahfud Md ngopi bareng bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (Capres) dari PDIP, Ganjar Pranowo mengunggah foto momen akrab bersama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

Momen itu dilakukan di suatu tempat di Jakarta dengan berlatar meja, gelas kopi, dan rerumputan hijau di sore hari.

Ngopi bareng beliau bikin sore makin asyik. Terimakasih ya Prof @mohmahfudmd,” tulis Ganjar Pranowo seperti dikutip dari akun Instagramnya, Senin (11/9/2023).

Komentar warganet pun membanjiri unggahan tersebut. Mayoritas warganet melihat adanya kedekatan antara Ganjar dengan Mahfud Md yang bisa dipasangkan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Pasangan yang pas untuk negeri ini,” tulis Henry Yosodiningrat, seorang pengacara sekaligus kader PDIP.

Terlepas dari komentar tersebut, berdasarkan data survei ternyata nama Mahfud Md juga masuk dalam bursa calon wakil presiden (Cawapres) di Pemilu 2024. Seperti diungkap lembaga survei Polling Institute kemarin, nama Mahfud menempati urutan ke empat dengan suara responden sebesar 8,8%.

Menurut Direktur Executive Polling Institute Kennedy Muslim, pada bursa calon wakil presiden urutan tiga besarnya yaitu Erick Thohir (15,1%), kemudian Ridwan Komil (14,2%), dan Agus Harimurti Yudhoyono (9,8%).

“Setelah nama Mahfud ada Gibran Rakabuming dan Sandiaga Uno dengan sama-sama meraih 8,6% suara responden,” ungkap Kennedy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Susi Pudjiastuti hingga Sri Mulyani Masuk Bursa Cawapres 2024

Menteri Susi Pudjiastuti dan Menkeu Sri Mulyani
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dijagokan generasi millennial jadi Capres 2019. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain itu, lanjut Kennedy terdapat nama-nama lain seperti Khofifah Indar Parawansa (2,4%), Gatot Nurmantyo (1,9%), Susi Pudjiasti (1,9%) dan Puan Maharani (1,9%).

“Sisanya ada nama-nama seperti Andika Perkasa (1,7%), Airlangga Hartarto (1,6%), Sri Mulyani (1,4%) dan Yenny Wahid (1,3%),” Kennedy menandasi.

Sebagai informasi, populasi responden survei adalah mereka warga negara Indonesia (WNI) yang sudah berusia 17 tahun atau lebih dari 17 tahun atau sudah menikah. 

Survei dilakukan pada tanggal  21-25 Agustus 2023 dengan sambungan telepon yang nomornya diacak atau random digit dialing (RDD). Total sampel dalam survei ini adalah sebanyak 1201 responden, dengan margin of error sebesar ± 2.9%. 

Sebagai catatan, survei dilangsungkan seminggu sebelum pendeklarasian pasangan yang mengejutkan Anies-Gus Muhaimin jadi koalisi NasDem-PKB. Artinya hasil survei tidak merekam efek dari deklarasi tersebut.

Infografis Puan Maharani Sebut Nama Termasuk AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Puan Maharani Sebut Nama Termasuk AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya