Kapolri Minta Jajarannya Antisipasi Daerah Rawan Konflik saat Pemilu 2024

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya memberikan perhatian khusus terhadap daerah-daerah rawan selama pelaksanaan Pemilu 2024.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 17 Okt 2023, 14:31 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2023, 14:31 WIB
Kapolri Listyo Sigit raker dengan komisi III DPR. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar
Kapolri Listyo Sigit raker dengan komisi III DPR. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya memberikan perhatian khusus terhadap daerah-daerah rawan konflik selama pelaksanaan Pemilu 2024.

Berdasarkan indeks kerawanan pemilu Bawaslu terdapat lima provinsi dan 85 kabupaten/kota berkategori kerawanan tinggi. Sementara itu, berdasarkan indeks kerawanan pemilu tahap 3 Polri terdapat dua provinsi dan satu kabupaten kota berkategori sangat rawan

"Bagi wilayah yang tergolong kerawanan tinggi dan sangat rawan, segera lakukan antisipasi. Sedangkan bagi wilayah lain jangan underestimate dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin," kata Listyo kepada wartawan, Selasa (17/10/2023).

Listyo meminta jajaran terus memetakan potensi konflik sosial secara detil di wilayah masing-masing dan selesaikan potensi konflik hingga ke akar masalah.

"Apabila terdapat konflik yang mengganggu stabilitas Kamtibmas, pastikan penggunaan muatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta resesitas," ujar dia.

Lebih lanjut, Listyo mengatakan, anggotanya juga koordinasikan dengan TNI, BNPB, BMKG, Basarnas dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan bencana sehingga dapat dimitigasi.

"Siapkan pula rencana antisipasi bekerja sama dengan penyelenggara Pemilu apabila nanti terdapat situasi bencana alam di suatu daerah seperti contohnya mempersiapkan fasilitas pencoblosan di lokasi lokasi pengungsian," ujar dia.

 


Waspadai Terorisme

Selain konflik dan bencana, Listyo menyampaikan, kasus terorisme juga harus menjadi perhatian serius. Tercatat, ada penyelenggaraan pemilu 2019 terdapat 6 aksi serangan teror.

"Dan ini tidak boleh terjadi di pemilu 2024. Terlebih saat ini perang antara hamas dengan Israel sedang bereskalasi dimana hal ini dapat berdampak terhadap situasi di dalam negeri," ujar dia.

Listyo meminta jajarannya mengoptimalkan preventif strike agar pelaku teror bisa ditangkap sebelum melancarkan aksinya.

"Sehingga kita bisa memastikan kita minimalkan tidak ada letupan sekecil apapun pada pemilu 2024," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Listyo mengingatkan penanganan tindak pidana pemilu agar berkoordinasi, berkolaborasi antar pilar sentra gakkumdu supaya penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana Pemilu dapat dilakukan secara profesional, transparan.

"Sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat," tandas dia.


Madiun Petakan Daerah Rawan Konflik di Pemilu 2024, Mana Saja?

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Madiun, Jawa Timur memetakan wilayahnya yang dinilai rawan terjadi konflik saat pelaksanaan Pemilu 2024.

Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik, Bakesbangpol Kabupaten Madiun Muhaimin mengatakan pemetaan kerawanan merupakan upaya awal untuk mengantisipasi terjadi konflik sosial.

"Upaya pencegahan dan penanganan konflik tersebut tidak dapat dilakukan sendiri, namun harus lintas sektoral dengan menggandeng TNI, Polri, dan terkait lainnya," ujar Muhaimin di Madiun, Minggu.

Menurutnya, Kecamatan Pilangkenceng tercatat masuk peta kerawanan. Salah satunya di Desa Gandul yang sempat terjadi sengketa pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades). Sisa-sisa sengketa tersebut dikhawatirkan mampu menyulut konflik jelang Pemilu 2024.

"Apalagi banyak masyarakat yang kritis. Pilkades dan pilkada jangkauannya lebih dekat dan berdampak langsung ke masyarakat," katanya.

Sedangkan wilayah lain disebutnya cenderung kondusif. Dari hasil pantauan di sejumlah wilayah lainnya, belum ditemukan potensi penyebab konflik pemilu.

Kondisi itu wajar, sebab suhu politik saat pemilihan legislatif (pileg) berbeda dengan pilkades dan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Selain itu, kerawanan konflik justru bisa terjadi di internal partai. Jelang penetapan daftar calon tetap (dct) dan kampanye, para bakal calon legislatif (bacaleg) berusaha membuka lebar peluang lolos ke kursi dewan.

"Masa kampanye juga jadi tahapan yang rawan. Karenanya pemantauan terus dilakukan," kata dia.

Bakesbangpol juga bekerja sama dengan instansi terkait meliputi kepolisian, TNI, hingga lembaga penyelenggara pemilu untuk mengantisipasi wilayah rawan konflik ini.

"Harapan kami pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar," katanya.

 

Infografis KPU Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis KPU Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya