Pekan Pertama, Gibran Rakabuming Raka Fokus Kampanye di Jateng

Salah satu agenda kampanye Gibran yakni menghadiri laga final Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 30 Nov 2023, 07:31 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2023, 07:25 WIB
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengunjungi kantor Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Headquarters (HQ) di Menteng, Jakarta Pusat. (Merdeka.com/M Genantan Saputra)
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengunjungi kantor Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Headquarters (HQ) di Menteng, Jakarta Pusat. (Merdeka.com/M Genantan Saputra)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Kampanye Nasional ()TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani mengungkapkan, bahwa caaawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka akan fokus berkampanye di daerah Jawa Tengah (Jateng) pada pekan pertama.

Salah satunya menghadiri laga final Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo.

"Mas Gibran juga nanti di Solo ada final piala U-17 itu juga akan dihadiri oleh beliau kemudian ada beberapa acara tapi Mas Gibran lebih banyak berkonsentrasi dulu untuk saat minggu ini di Jawa Tengah baru kemudian akan disusun beberapa program lainnya," kata Rosan kepada wartawan, Rabu (29/11/2023).

Rosan mengatakan, Gibran dan Prabowo secara umum berkampanye sendiri-sendiri. Tetapi ada di beberapa tempat kampanye secara bersamaan. Rosan mengungkapkan alasan Prabowo dan Gibran kampanye terpisah karena waktu yang disediakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) singkat.

"Indonesia ini kan luas, tentunya akan dibagi tugas untuk menyapa kemudian mendengar aspirasi, dan lebih, sebetulnya yang ingin disampaikan dalam kampanye ini kita justru kita lebih banyak mendengar," ujar dia.

Rosan kemudial memperkenalkan program kampanye Gibran, yaitu 'Gibran Mendengar'.

"Jadi kita akan lebih mendengar dari pada kita memberi tahu oh ini apa yang ingin kita lakukan karena itu sudah kita sampaikan secara tertulis, secara media. Jadi kita lebih mendengar apa aspirasi masukan dari semua masyarakat Indonesia secara keseluruhan," ujar Ketua TKN Prabowo-Gibran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hari Kedua Kampanye, Prabowo-Gibran Tetap Pilih Kerja

Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024
Calon presiden/Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menandatangi "Deklarasi Kampanye Pemilu Damai" di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin, 27 November 2023. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih tetap bekerja di hari kedua kampanye Pemilu 2024.

Disebut, Prabowo di pagi hari memilih hadir dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun 2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Pada pukul 14.00 WIB, Prabowo dijadwalkan menghadiri pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat di Istana Negara Jakarta siang ini. 

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid mengatakan, pasangan Prabowo-Gibran masih memilih untuk tidak mengambi cuti kampanye sebagai capres dan cawapres.

Mereka memutuskan untuk tetap menjalankan rutinitas sebagai Menhan Pertahanan dan Wali Kota Solo. 

"Sama seperti hari pertama kemarin, Pak Prabowo dan Mas Gibran tidak mengambil cuti kampanye sebagai capres dan cawapres. Tetap fokus untuk melayani masyarakat sebagai Menhan dan Wali Kota Solo," kata Nusron kepada wartawan di Jakarta (29/11/2023).

"Dan pada Minggu ini, Pak Prabowo dan Mas Gibran direncanakan akan berkampanye hanya pada akhir pekan, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu," jelas Nusron. 


Tetap Melayani Masyarakat di Hari Kampanye

Salam Ketiga Capres Jelang Mengikuti Deklarasi Kampanye Pemilu Damai
Calon presiden dengan nomor urut 2, Prabowo Subianto (kiri) menyapa Ketua Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asyari saat berjalan bersama pasangannya Gibran Rakabuming Raka, (kanan) setibanya untuk menghadiri "Deklarasi Kampanye Pemilu Damai" di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin, 27 November 2023. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Dia menerangkan, keputusan untuk tetap melayani masyarakat akan menjadi pola jadwal kampanye ke depan. Nusron mengatakan, pasangan Prabowo-Gibran direncanakan mengambi cuti untuk kampanye maksimal dua hari dalam seminggu. 

"Seminggu kan ada lima hari kerja, maksimal cuti dua hari saja kecuali jika ada acara khusus, misalnya acara KPU dan Bawaslu yang dilakukan di hari kerja, maka han cuti akan ditambah untuk memenuhi undangan tersebut," kata Nusron. 

Nusron menjelaskan, saat ini ada dua amanah yang sudah melekat pada Prabowo dan Gibran. Sehingga ada prioritas yang harus diambil, yaitu melayani rakyat.

"Dan jangan sampai karena tugas kampanye, tugas pelayanan kepada masyarakat menjadi terganggu," tuturnya.

Meski tidak berkampanye, Nusron menegaskan bahwa mesin tim kampanye Prabowo Gibran akan terus bekerja.

"Tim Kampanye Nasional dan Tim Kampanye Daerah akan terus bekera. Saat ini kita berfokus untuk melanjutkan Gerakan Sosialisasi Program Makan Siang dan Susu Gratis serta Gizi untuk Anak dan Ibu Hamil Kita memiliki target untuk sampai 200 untuk sosialisasi dalam waktu dua minggu ke depan," ucap Nusron. 

Infografis Menteri Ikut Pemilu 2024 dan Pilpres 2024, Ini Aturan Kampanyenya. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menteri Ikut Pemilu 2024 dan Pilpres 2024, Ini Aturan Kampanyenya. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya