Hadiri Dialog Pemilu di Malaysia, Mahfud Md: Pilih Pemimpin yang Dapat Dipercaya

Dalam acara dialog kebangsaan bersama pelajar dan mahasiswa RI se-Malaysia yang digelar di Kuala Lumpur, Mahfud Md meminta anak muda bangsa memilih para calon pemimpin yang dapat dipercaya, khususnya pada Pemilu 2024 mendatang.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 08 Des 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 08 Des 2023, 11:00 WIB
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo.
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud Md menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. (Dok. Tangkapan Layar Youtube PDIP)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Mahfud Md menghadiri acara dialog kebangsaan bersama pelajar dan mahasiswa RI se-Malaysia, dengan tajuk ‘Pemilu Demokratis Menuju Indonesia Emas’.

Dalam acara yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (8/12/2023) itu, Mahfud Md meminta anak muda bangsa memilih para calon pemimpin yang dapat dipercaya, khususnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Saudara, karena forum ini bukan forum kampanye, saya tidak berkampanye untuk siapapun, tapi saya berkampanye untuk politik kenegaraan kita,” tutur Mahfud.

“Yaitu dalam eksistensi dan kejayaan negara kesatuan Republik Indonesia melalui pemilu yang bermartabat, pilih wakilmu yang dapat dipercaya, pilih pemimpinmu yang menurutmu adalah sidik, amanah, tabliq, fatanah,” sambungnya.

Mahfud mengulas, salah satu cara untuk ikut serta dalam menjaga kelangsungan negara Republik Indonesia adalah mempergunakan hak pilih dalam setiap pesta demokrasi lima tahunan, baik memilih pemimpin hingga wakil rakyat. 

“Untuk itu, kalau saudara tidak sedang keluar dari Malaysia tanggal 14 Februari 2024, saudara diundang ke tempat ini oleh Ibu Pertiwi yaitu Indonesia. Saudara diundang untuk memberikan suara guna menentukan pemimpin nasional kita untuk 5 tahun yang akan datang, sekaligus untuk memilih wakil-wakil saudara yang akan duduk di DPR dan DPRD, dan juga akan duduk di DPD untuk membawa aspirasi saudara agar menjadi isi produk legislasi,” jelas dia.

Saat ini, lanjut Mahfud, negara sudah menentukan para calon pemimpin dan wakil rakyat yang dianggap memenuhi syarat secara hukum serta konstitusi untuk dapat dipilih.

“Nah saudara, gunakan hak ini dengan sebaik-baiknya. Banyak hal yang bisa dikerjakan untuk masa depan kita bersama,” kata Mahfud menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anak Muda Harus Gunakan Hak Pilih

Mahfud MD
Sebelumnya, bakal calon presiden Ganjar Pranowo resmi menggandeng Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Mahfud mengingatkan kepada anak-anak muda untuk menggunakan hak pilihnya di pemilu 2024. Sebab, jika anak-anak muda membutakan diri dari politik maka akan menjadi korban politik.

"Saya tadi mengatakan bahwa orang yang membutakan diri terhadap politik itu bisa menjadi korban politik," kata Mahfud dalam dialog cawapres di TvOne, Rabu malam (6/12/2023).

Mahfud menjelaskan, jika anak-anak muda tidak menggunakan hak pilihnya, pemerintahan akan tetap terbangun. Namun, sikap tak memilih anak-anak muda tersebut akan merugikan bangsa Indonesia ke depannya.

"Kalau orang tidak memilih tentu nanti dia membuat keputusan-keputusan yang merugikan orang-orang yang tidak memilih," jelas Mahfud.

Oleh sebab itu, kata Mahfud, sebagai pemilih terbesar di 2024, anak-anak muda diminta untuk menggunakan hak suaranya memilih pemimpin yang terbaik bagi bangsa Indonesia pada pilpres 2024.

"Gunakan hak pilih anda di dalam pemilu agar anda tidak menjadi korban keputusan penguasa baru yang nantinya akan mengikat orang yang memilih atau orang yang tidak memilih. Orang memilih atau tidak memilih itu terikat terhadap keputusan-keputusan orang yang menang di dalam pemilu," jelas Mahfud.

 


Mahfud Md Menghadiri Sejumlah Acara di Malaysia

Pekerja Migran Indonesia di Malaysia Beri Dukungan Ganjar-Mahfud Md.
Wakil Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Mustar Bona Ventura Manurung menemui ribuan pekerja Migran Indonesia di Hotel EDC, Kuala Lumpur, Malaysia. (Foto: Istimewa).

 

Diketahui, Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md bertolak ke Malaysia dalam rangka menghadiri sejumlah acara. Mulai dari agenda dialog bersama pelajar dan mahasiswa Indonesia tentang Pemilu, hingga bertemu Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Berdasarkan jadwal acara yang diterima Liputan6.com, Jumat (8/12/2023), Mahfud akan hadir dalam kegiatan dialog kebangsaan bersama pelajar dan mahasiswa RI se-Malaysia bertajuk “Pemilu Demokratis Menuju Indonesia Emas di Ritz Carlton, Kuala Lumpur sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Kemudian pada pukul 11:30, Mahfud akan menghadiri pertemuan dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Perdana Putra, Putra Jaya. Masuk pukul 13:30, akan ada makan siang bersama Perdana Menteri Malaysia di lokasi yang sama.

Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya