Pesawat Garuda Indonesia Penjemput Jemaah Haji Tujuan Jeddah Putar Balik Kembali ke Bandara Adi Soemarmo

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6239 yang terbang dari Bandara Adi Soemarmo tujuan Jeddah mengalami masalah teknis sehingga harus putar balik ke Bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

oleh Fajar Abrori diperbarui 03 Jul 2024, 11:26 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2024, 11:23 WIB
Pesawat Garuda Indonesia
Sejumlah jemaah calon haji sedang naik pesawat Garuda Indonesia untuk terbang melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6239 yang berangkat dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali tujuan Jeddah, Arab Saudi putar balik ke bandara keberangkatan pada Selasa (2/7/2024) malam. Pesawat yang telah terbang selama satu jam lebih itu memutuskan kembali ke Bandara Adi Soemarmo karena mengalami masalah teknis.

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin mengatakan pesawat Garuda Indonesia yang menjemput jemaah haji itu berangkat dari Bandara Adi Soemarmo menuju Jeddah pada pukul 19.45 WIB. Setelah terbang selama satu jam lebih, pesawat tersebut memutuskan untuk putar balik dan mendarat kembali di Bandara Adi Soemarmo.

“Pesawat berangkat dari SOC ke Jeddah pada pukul 19.45 WIB, mengalami RTB (return to base) ke SOC dan kembali mendarat pukul 21.06 WIB,” ujar dia, Rabu (3/7/2024).

Menurut dia, pesawat Garuda Indonesia penjemput jemaah haji yang putar balik ke Bandara Adi Soemarmo itu tidak membawa penumpang setelah mengangkut jemaah haji kloter 34 Debarkasi Solo asal Kabupaten Pekalongan dan Kota Tegal. “Posisi saat ini pesawat sudah mendarat dengan selamat. 14 crew dan pesawat dalam keadaan aman. Saat ini sedang dalam penanganan,” kata dia.

Adanya informasi putar balik pesawat Garuda Indonesia penjemput haji itu, lanjut dia, pihak Bandara Adi Soemarmo telah menyiagakan seluruh fasilitas bandara dan emergency operation centre. “Seluruh fasilitas bandara SOC dan emergency operation centre disiagakan,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya