Pasar Jadi Kunjungan Wajib Setiap Kampanye, Ganjar: Pusat Realitas Masyarakat

Ganjar memastikan, hasil dari kunjungannya di tiap pasar, bisa mengetahui stabilisasi harga komoditas pangan warta.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 18 Des 2023, 13:33 WIB
Diterbitkan 18 Des 2023, 13:32 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo
Calon presiden nomer urut 3, Ganjar Pranowo menyambangi Pasar Induk Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12/2023). (Foto:Liputan6/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mewajibkan pasar sebagai titik kunjungan kampanyenya. Bersafari di Jawa Tengah, Ganjar menyambangi Pasar Induk Wonosobo untuk berinteraksi dengan warga. 

"Pasar itu realitas harian ya, bertemunya mereka para pedagang yang dia bercerita pada dagangannya. Laku apa enggak, ada pembeli, pembeli merasa harganya oke apa enggak," kata Ganjar di Pasar Induk Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12/2023). 

Ganjar memastikan, hasil dari kunjungannya di tiap pasar bisa mengetahui stabilisasi harga komoditas pangan warta. Dia mencatat, selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, dirinya selalu berkoordinasi dengan tim pengendali inflasi dengan intens.

"Kalau kita dulu memang ada pengendali inflasi daerah, kita cek terus-menerus, 2-4 kali (tiap minggu)," tutur Ganjar.

Ganjar yakin, jika pemeriksaan berkala terus dilakukan maka pasokan dan stabilitas harga makin terkendali. Termasuk saat ada masalah yang harus ditangani secara cepat.

"Memang kalau ada problem biasanya mereka akan menyampaikan kepada kami, apakah bencana dan sebagainya. Sehingga kita bisa mendamping persis, apalagi sebentar lagi natal, tahun baru biasanya ada fluktuasi harga atau pasokan," tutur Ganjar Pranowo.

Pantauan di lokasi, di Pasar Induk Wonosobo sejumlah pedagang mengaku ada kenaikan pada komoditas bawang merah dan bawang putih. Sedangkan untuk ayam potong, terjadi penurunan harga. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harapan Pedagang di Pasar Induk Wonosobo

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo
Calon presiden nomer urut 3, Ganjar Pranowo menyambangi Pasar Induk Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12/2023). (Foto:Liputan6/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Secara umum, pedagang mengaku kepada Ganjar, situasi naik turun harga komoditas di pasar memang kerap terjadi menjelang hari besar. Mereka berharap, semoga harga yang berfluktuasi bisa segera terkendali.

"Kita mau kasih contoh saja, ketika masyarakat bertemu dan ada suatu yang bisa kita kerjakan, kita bereskan. Saat itu makna dari sat set," tandas Ganjar.


Ganjar Pranowo: Alhamdulillah Saya dan Pak Mahfud Tidak Ada Beban Masa Lalu

Mahfud MD Cawapres pendamping Ganjar Pranowo
Bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo dan Menko Polhukam) Mahfud MD acara pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di sisi lain, calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo menegaskan, baik dirinya maupun cawapres Mahfud Md tidak memiliki beban masa lalu.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo dalam pertemuan dengan Tim Pemenangan Daerah (TPD), calon anggota legislatif (caleg) dan relawan Ganjar-Mahfud Md di Gedung Rudang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023).

Bersama Mahfud Md, Ganjar menawarkan banyak program pro rakyat. Ia lantas menyinggung soal tidak ada beban masa lalu, sehingga tidak tersandera.

"Masih banyak sekali program. Dan alhamdulillah saya bersama Pak Mahfud, alhamdulillah, kita tidak ada beban masa lalu," ujar Ganjar.

Tak hanya itu, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menegaskan tidak pernah membawa isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) dalam kontestasi politik. Sebab, ia berpegang pada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kita tidak membawa isu-isu politik SARA, karena kita sudah pegang Pancasila. Kita hidup di dunia yang memang berbeda-beda dan Indonesia sudah punya nilai yang kita pegang, Bhinneka Tunggal Ika," kata Ganjar.

apres yang diusung PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura itu juga menjelaskan alasan datang ke daerah-daerah terpencil dan terpinggirkan meski di sana hanya ada sedikit pemilih.

"Saya ingin mendengarkan secara langsung dari mereka yang terpinggir, dari mereka yang minoritas, dari mereka yang kesulitan menyampaikan pendapatnya. Dan kami bisa merasakan. Maka, bapak, ibu sekalian, mari kita bergerak," pungkas Ganjar.

Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Alasan PPP Usung Ganjar Pranowo Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya