Soal Kolaborasi Kubu 01 dan 03 di Putaran Kedua Pilpres, Anies: Semua Peluang Selalu Ada

Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan mengaku sependapat dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani terkait terbukanya peluang kubu Anies dengan Ganjar Pranowo bersatu apabila pilpres terjadi dua putaran.

oleh Tim News diperbarui 09 Jan 2024, 06:31 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2024, 06:31 WIB
Anies Baswedan jelang debat capres, Minggu (7/1/2024)
Anies Baswedan jelang debat capres, Minggu (7/1/2024). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan mengaku sependapat dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani terkait terbukanya peluang kubu Anies dengan Ganjar Pranowo bersatu apabila pilpres terjadi dua putaran. Dia mengatakan, semua peluang selalu terjadi kedepannya.

"Ya pokoknya semua peluang selalu ada," kata Anies kepada wartawan, di Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Kendati demikian, Anies menegaskan, pihaknya akan terlebih dahulu fokus untuk membesarkan dukungan adanya suatu perubahan.

"Tapi kami sekarang konsentrasinya bukan di situ, konsentrasi kami memperbesar dukungan untuk perubahan," tegas Anies.

"Sesudah itu baru kita ngobrol, kita bicara fase berikutnya," sambung dia.

Sebab, dia meyakini bahwa semakin banyak pihak yang menginginkan adanya suatu perubahan.

"Jadi keyakinan kami melihat semangta untuk perubahan semakin besar. Jadi insyaAllah bukan hanya dengan 1 atau 2 partai saja, tapi makin banyak jutaan rakyat Indonesia bergabung dengan gerakan perubahan," imbuhnya.

 


Kemungkinan Kolaborasi Kubu Anies dan Ganjar

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan capres nomor 1 Anies Baswedan saat debat capres ketiga yang digelar KPU pada Minggu (7/1/2024) di Istora, Senayan, Jakarta.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan capres nomor 1 Anies Baswedan saat debat capres ketiga yang digelar KPU pada Minggu (7/1/2024) di Istora, Senayan, Jakarta. (Tangkapan Layar YouTube KPU RI)

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, merespon soal kemungkinan kubu nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan kubu 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan bergabung jika pilpres terjadi dua putaran.

Puan hanya mengatakan, pihaknya tak menutup kemungkinan namun melihat bagaimana dinamika politik kedepannya.

"Insyallah (berkolaborasi antara kubu 1 dan kubu 3). Kita lihat saja gimana nanti kedepan ini," kata Puan, saat diwawancarai di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 7 Januari 2024.

 


Pemilu Berjalan Jujur dan Adil

Lebih lanjut, dia menyebut yang terpenting pemilu 2024 berjalan dengan jujur dan adil. Sebab, pesta demokrasi untuk rakyat Indonesia.

"Yang penting semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar semuanya bisa berjalan dengan jujur dan adil dan ini pesta demokrasi untuk rakyat Indonesia," imbuh Puan.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya