Puan soal Debat Cawapres: Semoga Berjalan Seru, Semua Calon Bisa Berbicara Visi-Misi

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani mengharapkan pelaksanaan debat sesi keempat Pilpres 2024, bisa menampilkan visi dan misi masing-masing calon.

oleh Tim News diperbarui 20 Jan 2024, 19:36 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2024, 19:36 WIB
Surat Presiden Jokowi Terkait Pergantian Panglima TNI
Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan keterangan mengenai Surat Presiden (Supresi) terkait pergantian Panglima TNI di Lobby Media Center, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani mengharapkan pelaksanaan debat sesi keempat Pilpres 2024, bisa menampilkan visi dan misi masing-masing calon.

Selain itu, Puan juga mengharapkan pelaksanaan debat yang mempertemukan para calon wakil presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md tersebut bisa berjalan lancar.

"InsyaAllah debat cawapres akan berjalan baik, lancar, semua cawapres akan bisa berbicara atau memperlihatkan visi dan misinya secara baik," kata Puan.

Puan menambahkan, pelaksanaan debat yang akan mengusung tema energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria dan masyarakat adat tersebut bisa berjalan seru sehingga masyarakat bisa melihat kemampuan masing-masing cawapres.

"Semoga besok debatnya berjalan seru, sehingga rakyat bisa melihat (kemampuan masing-masing cawapres)," tambahnya.

Sebagai informasi, dalam debat yang akan dilaksanakan pada Minggu (21/1) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan akan menghadirkan 11 panelis dari berbagai universitas terkemuka dan menjadi ahli pada bidang transisi energi, lingkungan, agraria hingga perencanaan wilayah dan pedesaan.

Sebanyak 11 orang panelis tersebut, mulai menjalani karantina pada 19 Januari 2024 untuk mempersiapkan pertanyaan kritis yang akan diajukan kepada cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md.


Debat Cawapres 21 Januari, Gus Imin Dapat Giliran Pertama Pemaparan Visi Misi

Capres/Cawapres Jelang Debat Perdana Pilpres 2024
Suasana halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) sesaat sebelum acara debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan menggelar debat ke empat Pilpres 2024 pada 21 Januari 2024. Melalui pernyataan resminya hari ini, debat ke empat akan menghadirkan para kandidat calon wakil presiden dari nomer 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), calon wakil presiden nomer urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md.

“Debat calon wakil presiden akan digelar 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada pukul 19.00 WIB,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz saat jumpa pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024).

Mellaz, mengatakan debat akan dimulai dengan pemaparan visi misi pada segmen pertama. Nantinya, pasangan calon nomer urut 1 yang akan bertindak pertama baru diikuti oleh nomer selanjutnya sesuai urutan.

“Sesuai urutan, berdasarkan debat sebelumnya, pembukaan segmen satu akan dipaparkan oleh calon wakil presiden nomor urut 1,” jelas Mellaz.

Mellaz memastikan format debat cawapres tidak akan ada yang berubah. Masih dalam durasi 150 menit dan berisi enam segmen. Segmen pertama pembukaan dengan visi misi para calon, segmen dua dan tiga pertanyaan panelis, segmen empat dan lima tannya jawab antar kandidat, dan segmen enam penutup atau closing statement.

“Format tidak berubah tetap enam segmen, durasi tetap 150 menit dengan jeda iklan dan khusus debatnya 120 menit,” Mellaz memungkasi

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya