Gibran Klaim Getarkan Kandang Banteng, Ganjar: Hati-Hati Ketanduk

Calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo menanggapi santai terkait pernyataan cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka yang mengeklaim telah menggetarkan wilayah basis PDIP.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 31 Jan 2024, 15:40 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2024, 15:40 WIB
Calon Presiden Ganjar Pranowo mendapat dukungan dari organisasi Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat (Istimewa)
Calon Presiden Ganjar Pranowo mendapat dukungan dari organisasi Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat (Istimewa)  

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo menanggapi santai terkait pernyataan cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka yang mengeklaim telah menggetarkan wilayah basis PDIP.

"Oh gitu, ya bagus dong," kata Ganjar usai menghadiri acara dialog bersama masyarakat lintas etnis di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024).

Ganjar mempersilakan anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berusaha merebut suara PDIP di kandang banteng.

"Silakan digetarkan, tapi bantengnya kan kami," ucap Ganjar sambil tersenyum.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu lantas mempertanyakan balik apakah capres-cawapres lain yakin bisa mengoyak kandang-kandang banteng.

"Awas lho hati-hati nanti ketanduk," tegas Ganjar Pranowo.

Di sisi lain, Ganjar juga mengomentari mengenai adanya usulan memperbolehkan pemilih membawa handphone ke bilik suara ketika pencoblosan surat suara.

"Silakan KPU mengatur yang terbaik," ucap politikus berambut putih itu.

Diketahui, dua hari kampanye di Jawa Tengah, cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka sesumbar berhasil menggetarkan basis suara PDIP alias kandang banteng.

Jawa Tengah pun menjadi arena pertarungan sengit bagi pasangan nomor urut 02 Prabowo-Gibran dan pasangan nomor urut 03 Ganjar-Mahfud Md. Sepekan terakhir, kedua kubu berkeliling kampanye di Jawa Tengah.

Jawa Tengah selama ini memang dikenal sebagai kandang banteng. Istilah itu merujuk pada perolehan suara PDIP yang selalu unggul di Jawa Tengah. Dominasi tersebut rupanya coba digoyang oleh kubu Prabowo-Gibran dengan menggelar kampanye menyisir wilayah Jawa Tengah.

Pada Minggu (28/1/2024), Prabowo dan Gibran menggelar kampanye akbar pilpres 2024 di Simpang Lima, Semarang. Kemudian, Gibran geser ke Solo menghadiri pameran produk lokal Aerostreet di Mall Solo Paragon.

Esok harinya, Gibran meluncur ke Pekalongan. Di sana, putra sulung Presiden Jokowi itu bertemu para perajin batik dan pegiat UMKM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gibran akan Getarkan Kandang Banteng

Prabowo dan Gibran Kampanye Akbar di Semarang
Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka membagikan kaos saat kampanye akbar di Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Minggu 28 Januari 2024. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Sebelumnya, saat kampanye di Tegal, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024), cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka akan menggetarkan kandang banteng di Jawa Tengah.

Hal ini diungkapkan Gibran saat ditanya apakah kampanyenya di Jawa Tengah untuk menggoyang suara PDIP.

"Menggoyang? Enggak. Menggetarkan saja," ujar Gibran.

Gibran pun meminta doa terbaik untuk perolehan suaranya di Jawa Tengah. "Ya doakan yang terbaik lah untuk Jawa Tengah," kata Gibran Rakabuming Raka.

 


Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Semua Wilayah Indonesia

Kostum Debat Cawapres ke-2, Pasangan Ganjar-Mahfud Md Pakai Utility Shirt Buatan Bandung, Prabowo dan Anies Tukaran Pakai Jas
Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (dok. Screenshoot Youtube KompasTV)

Elektabilitas pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu terlihat dari data Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terbaru pada Selasa (30/1/2024).

Prabowo-Gibran kemungkinan besar berebut suara dengan paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) hanya di wilayah Sumatera.

Di Sumatera, Prabowo-Gibran memperoleh 54,4 persen dan Anies-Muhaimin 31,8. Sedangkan pasangan 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md cuma Ganjar-Mahfud 9,0 persen.

"Jadi di wilayah Sumatera tampaknya pertarungan terjadi hanya di dua capres yaitu pasangan Prabowo-Gibran dengan pasangan Anies-Cak Imin, walaupun keunggulan Prabowo-Gibran lumayan telak," kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, dalam paparannya, Selasa (30/1/2024).

Berikut hasil lengkapnya:

Sumatera

Anies-Muhaimin 31,8 persen

Prabowo-Gibran 54,4 persen

Ganjar-Mahfud 9,0 persen

Jawa

Anies-Muhaimin: 20,4 persen

Prabowo-Gibran: 47, 4 persen

Ganjar-Mahfud: 23,8 persen

Bali, NTB, dan NTT

Anies-Muhaimin 12 persen

Prabowo-Gibran 49,1 persen

Ganjar-Mahfud 30,7 persen

Kalimantan

Anies-Muhaimin 30 persen

Prabowo-Gibran 43,4 persen

Ganjar-Mahfud 23,6 persen

Sulawesi

Anies-Muhaimin 8,3 persen

Prabowo-Gibran 70,8 persen

Ganjar-Mahfud 11,8 persen

Maluku-Papua

Anies-Muhaimin 20 persen

Prabowo-Gibran 53,5 persen

Ganjar-Mahfud 11,8 persen

Survei dilakukan pada 16-26 Januari 2024. Metode survei memakai multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tatap muka dengan kuesioner. Margin of error survei +/- 2.9 persen.


Survei LSI Denny JA di Jateng, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud Selisihnya hanya 2 Persen

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat debat capres ketiga yang digelar KPU pada Minggu (7/1/2024) di Istora, Senayan, Jakarta.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat debat capres ketiga yang digelar KPU pada Minggu (7/1/2024) di Istora, Senayan, Jakarta. (Tangkapan Layar YouTube KPU RI)

LSI Denny JA juga merekam elektabilitas di wilayah Jawa Tengah. Pasangan 02 Prabowo-Gibran dan pasangan 03 Ganjar-Mahfud hanya selisih sedikit.

Di basis PDIP itu, Ganjar-Mahfud meraih 40,3 persen, Prabowo-Gibran 38,7 persen dan Anies-Muhaimin 7,4 persen.

"Ini Prabowo-Gibran sudah mampu mencapai 38,7 persen dukungannya di Jawa Tengah, jadi hanya selisih 2 sampai 3 persen," kata peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam paparan surveinya.

"Di survei kali ini perubahannya begitu mencolok, di Jawa Tengah ini hanya selisih 2 persen Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud," sambungnya.

Sementara itu, di Jawa Barat, Prabowo-Gibran 54,6 persen, Anies-Muhaimin 28,3 persen dan Ganjar-Mahfud 9,9 persen.

Sedangkan di Jawa Timur, Prabowo-Gibran 57,1 persen, Ganjar-Mahfud 25,2 persen dan Anies-Muhaimin 12,6 persen.

Infografis Sentilan Megawati Soekarnoputri untuk Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Sentilan Megawati Soekarnoputri untuk Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya