Istri Waketum PAN Maju di Pilkada Serang, Disebut Beri Pilihan Alternatif ke Publik

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto bicara mengenai istrinya, Ratu Rachmatu Zakiyah, yang maju sebagai calon bupati di Pilkada Serang.

oleh Tim News diperbarui 26 Jul 2024, 23:08 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 23:08 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (26/7/2024). (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto bicara mengenai istrinya, Ratu Rachmatu Zakiyah, yang maju sebagai calon bupati di Pilkada Serang.

Yandri mengaku, Ratu Rachmatu Zakiyah maju karena banyaknya permintaan masyarakat dan tokoh.

Menurutnya, perlu ada kontestasi di Kabupaten Serang. Sebab selama ini tak ada tokoh yang berani muncul lantaran dikuasai oleh keluarga eks Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Kini, anak Atut yakni Andika Hazrumy akan menjadi pesaing istri Yandri.

"Saya secara pribadi, ya tidak serta-merta mengajukan istri saya maju calon bupati. Itu semata-mata permintaan banyak orang, termasuk permintaan mendorong dari 2 tahun yang lalu, kemudian para kiai, banyak datang ke pondok kami, tokoh masyarakat, ya, milenial dan lain sebagainya,"kata Yandri di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (26/7/2024).

"Perlu adanya kontestasilah di Kabupaten Serang. Itu yang selama ini dianggap tidak ada yang berani muncul, hanya satu calon, Saudaraku Andika," sambungnya.

Dia juga menyebut, yang pertama kali memberikan rekomendasi kepada istrinya untuk maju pilkada ialah Partai Gerindra.

Kini, PAN, PKS dan Gerindra sudah mendukung istri Yandri.

"Yang pertama memberikan rekomendasi itu justru bukan PAN, Gerindra surat pertama kepada Ibu Ratu Zakiyah. Oleh karena itu, pascapengumuman Gerindra itu di Serpong, kami dari PAN merespons itu," ujar Ketua Tim Desk Pilkada 2024 PAN itu.

"Dan alhamdulillah sekarang sudah bergabung, ada PAN, PKS, Gerindra, PPP insyaallah, kemudian mungkin sedang kami lobi, sekarang ada NasDem dan Demokrat, sedang proses ya. Tapi dari sisi kecukupan untuk mengusung Ratu Zakiyah sebagai calon bupati. Itu sudah lebih dari cukup. Artinya, insyaallah Ibu Ratu Zakiyah positif akan maju sebagai calon Bupati Serang," kata Yandri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berikan Pilihan

Yandri tak ingin ingin memakai istilah 'berhadap-hadapan' di Pilkada Serang. Pihaknya hanya ingin memberikan alternatif kepada masyarakat setempat agar tak ada calon tunggal.

"Kami ingin memberikan warna dalam kontestasi demokrasi di Kabupaten Serang supaya tidak calon tunggal. Nah, apakah nanti berat atau nggak, ya saya kira terserah kepada masyarakat menilai," kata Wakil Ketua MPR ini.

"Kami berikhtiar menyajikan calon alternatif, Ratu Zakiyah, yang wakilnya sedang kami godok, ada empat calon wakil bupati yang mengajukan, kami serahkan kepada partai koalisi, siapa nanti yang akan diputuskan," tutup Yandri.

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya