Daftar Artis Jadi Calon Kepala Daerah Pilkada 2024: Rano Karno hingga Krisdayanti

Selain politikus, ada juga sejumlah artis yang mendaftar maju di Pilkada 2024. Mereka mencalonkan diri menjadi calon wakil gubernur, calon bupati dan wakil bupati, hingga calon wali kota atau wakil wali kota. Berikut daftarnya.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 30 Agu 2024, 17:08 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 17:07 WIB
Kenakan Pakaian Khas Betawi, Pramono Anung dan Rano Karno Daftar Pilgub Jakarta
Pasangan Pramono Anung-Rano Karno resmi mendaftarkan sebagai peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024 dengan dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 pada 27 Agustus hingga 29 Agustus 2024. Selain politikus, ada juga sejumlah artis yang mendaftar maju di Pilkada 2024.

Mereka mencalonkan diri menjadi calon wakil gubernur, calon bupati dan wakil bupati, hingga calon wali kota atau wakil wali kota. Misalnya saja artis Rano Karno.

Pria yang berperan sebagai Doel di Sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu diusung PDI Perjuangan sebagai calon wakil gubernur Jakarta mendampingi Pramono Anung. Ia dan Pramono pun mendaftar ke KPU Jakarta pada Rabu 28 Agustus 2024.

"Insyaallah ya hari ini diputuskan untuk kita daftar, bukan ke KUA ya, ke KPU. artinya insyaAllah kita akan mulai dari DPP ya kalau namanya di Betawi kan kalau keriaan tuh mesti ada sesuatu jemerang jemrengnya kan. makanya insyaAllah ondel-ondel entah gamnang keromong, oplet," kata Rano Karno, di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta.

"Kita naik oplet. jadi mungkin insyaAllah saya sama Mas Pram naik oplet, karena memang cari yang dekat makanya hari ini kita gantung oplet kan," sambung dia.

Tak hanya itu, dirinya dan Pramono juga akan dikawal oleh kesenian khas Betawi dan parade nusantara.

"Kemudian ya parade nusantara supaya apa, ramai supaya apa, tuan rumah tahu kita tamu dateng bawa keramaian nih. Tapi pasti bawa bahagia, kita semua bahagia senang, apapun keputusannya ini lah udah keputusannya. Ada tanjidor," ujar dia.

Saat ditanya apakah akan bertemu dengan Megawati atau tidak di DPP PDIP, Rano Karno tak menjawab dengan pasti.

"Saya belum tahu, tapi artinya yang pasti calon gubernur ada disana gitu loh, kalau Bu Mega apakah hadir, mungkin dalam tanda kutip tidak, tapi tetep DPP hari ini harus bekerja, karena dalam sisa waktu dua hari ini, hari terakhir besok semua kepengurusan untuk calon gubernur maupun wakil gubernur atau wali kota bupati, harus selesai," jelas dia.

Selain Rano Karno, ada sejumlah artis lain yang mendaftar sebagai calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Berikut daftarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gilang Dirga Daftar Jadi Calon Wakil Bupati Bandung Barat

Didik Agus dan Gilang Dirga
Kandidat Paslon Didik Agus T dan Gilang Dirga resmi daftar ke KPU sebagai peserta Pilkada Bandung Barat

Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga (Dilan) resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk maju di Pilkada 2024. Bakal paslon tersebut melakukan pendaftaran pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Sebelum datang ke KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB), Didik-Gilang mendeklarasikan sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat yang digelar di Alun-alun Lembang. Setelah itu, mereka menuju ke kantor KPU KBB diiringi para simpatisan.

Mereka memakai jaket jeans yang menjadi ciri khas karakter Dilan di film Dilan. Keduanya pun berangkat dari Lembang ke kantor KPU menaiki sepeda motor.

"Alhamdulillah, kami telah secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati ke KPU KBB," kata Didik di kantor KPU KBB.

Sementara itu, Gilang membeberkan alasannya maju dalam kontestasi Pilbup Bandung Barat. Menurutnya, ia didelegasikan oleh Didik untuk mengurus anak-anak muda di KBB. Meski gagal dalam Pileg 2024 kemarin, katanya, tak membuat kapok ikut pesta demokrasi yang digelar 5 tahun sekali.

"Saya ingin menjadi pelopor untuk mempersiapkan generasi emas itu supaya Indonesia betul-betul bisa menggapai Indonesia emas. Dan kalau itu bisa dimulai dari Bandung Barat kenapa tidak," ucap dia kepada wartawan.

Gilang menyebut jika Bandung Barat memiliki anak muda yang penuh dengan potensi yang bisa membawa perubahan bagi bangsa dan memajukan daerah.

"Karena kita tahu, di Bandung Barat potensinya sangat besar sekali dengan jumlah persentase anak muda yang begitu besar dengan jumlah potensi serta budaya yang begitu besar," tandasnya.

 


Jeje Govinda Daftar Pilkada Bandung Barat

Jeje Govinda - Asep Ismail
Kandidat Paslon Jeje Govinda - Asep Ismail telah mendaftarkan diri ke KPU untuk maju di Pilkada Bandung Barat.

Ritchie Ismail atau yang akrab dipanggil Jeje Govinda bersama Asep Ismail telah resmi mendaftar sebagai pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari terakhir pendaftaran, Kamis, 29 Agustus 2024.

Beberapa artis kondang turut meramaikan proses pendaftaran Jeje-Asep, seperti Syahnaz Sadiqah, Nagita Slavina, dan Nisya Ahmad. Kandidat paslon itu juga diiringi simpatisan pendukung saat menuju ke kantor KPU Bandung Barat di Jalan Tagogapu, Padalarang.

"Kami berdua diusung oleh PAN dan Gerindra. Maka kami berdua memastikan akan membawa program-program dan visi misi Pak Prabowo terlaksana dengan maksimal di KBB," kata Jeje.

Awalnya, Jeje dipasangkan dengan politikus Gerindra yakni TB Ardi. Keduanya pun sudah gembar-gembor menyatakan bakal maju kontestasi politik di Bandung Barat. Namun, pada Selasa, 20 Agustus 2024, TB Ardi menyatakan mundur dari Pilbup Bandung Barat karena putusan DPP Gerindra.

Kemudian beredar kabar jika adik ipar Raffi Ahmad itu akan berpasangan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD Partai Gerindra Jawa Barat, yakni Abdul Harris. Rupanya Jeje kembali ditinggalkan oleh pasangannya. Abdul Harris diketahui ikut dalam kontestasi politik tingkat daerah di Bekasi.

Usai ditinggal dua sosok tersebut, Jeje akhirnya dipasangkan dengan Asep Ismail yang merupakan mantan Kepala Kementerian Agama Bandung Barat.

"Meski sempat berganti-ganti, tapi Alhamdulilah saya, di ujung menemukan jodoh yang tepat, yaitu Kang Haji Asep Ismail. Kita sama-sama Ismail tapi bukan bapak dan anak," ucap Jeje kepada wartawan.

 


Hengky Kurniawan Maju di Pilkada Bandung Barat

Hengky Kurniawan dan istri boncengan motor (Instagram/@hengkykurniawan)
Hengky Kurniawan dan istri boncengan motor (Instagram/@hengkykurniawan)

Hengky Kurniawan merupakan salah satu artis yang turun lebih dulu ke gelanggang politik Bandung Barat, sebelum Jeje dan Gilang. Namanya pertama kali mencuat di bursa Pilbup 2018-2023. Kala itu, ia menjadi pendamping Aa Umbara Sutisna yang mencalonkan diri menjadi Bupati.

Sebelum menjadi orang nomor satu di Bandung Barat, Hengky telah berkelana di dunia hiburan. Ia juga pernah membintangi berbagai sinetron, diantaranya Bintang Di Langit, ABG, Senandung Masa Puber, hingga Biar Cinta Bicara.

Sebagian besar hidupnya dihabiskan bergelut di dunia akting. Lalu pada 2018 silam, ia ikut ajang kontestasi politik tingkat kepala daerah di Bandung Barat. Dalam Pilkada tersebut, pasangan Aa Umbara dan Hengky Kurniawan pun keluar sebagai pemenang.

Di tengah masa jabatannya, Aa Umbara terjerat kasus korupsi Pengadaan Barang Tanggap Darurat Bencana Pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemerintah kabupaten Kabupaten Barat tahun 2020. Kemudian Hengky ditunjuk sebagai Plt Bupati Bandung Barat dan menjalankan tugasnya pasa 21 April 2021. Kemudian di tahun 2022, suami Sonya Fatmala itu dilantik menjadi Bupati Bandung Barat.

Tak hanya itu, Hengky kembali ikut kontestasi Pilkada Bandung Barat tahun ini. Meski awalnya beredar kabar bahwa ia akan terjun di Blitar, namun DPP PDI P menugaskannya maju di Pilbup KBB. Ia pun berpasangan dengan Ade Sudrajat Sudrajat dan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung Barat pada Kamis, 29 Agustus 2024.

 


Ronal Surapradja Daftar Pilgub Jabar Diusung PDIP

Ronal Surapradja
Ronal Surapradja di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Kota Bandung. (Arya Prakasa/Liputan6.com)

Mantan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja resmi mendaftar sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat.

Pasangan tersebut tidak hadir di kantor KPU Jawa Barat dan diwakilkan oleh Ketua DPD PDIP Ono Surono dan Sekjen Abdi Yuhana.

Pendaftaran pasangan Jeje-Ronal dilakukan di menit-menit akhir penutupan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Kamis malam (29/8/2024). Keduanya pun memberikan sambutan secara daring melalui video.

Jeje mengaku terkejut mendengar namanya diusung sebagai bakal calon gubenur Jawa Barat. Sebagai mantan Bupati Pangandaran, Jeje tetap siap untuk maju dalam kontestasi Pilkada Jawa Barat 2024.

"Bukan persoalan survei, hari ini PDIP konsen terhadap demokratisasi. Tentu ini paling pokok bagi saya. Bukan menang kalah, tapi dalam rangka menegakkan Jawa Barat menjadi lebih bagus. Saya dan Kang Ronal akan meramu berbagai kebijakan pemerataan di Jabar," kata Jeje Wiradinata.

Sementara itu, bakal calon wakil gubenur Jawa Barat Ronal Surapradja juga mengaku terkejut mendapatkan kabar tersebut. Senada dengan Jeje, Ronal pun mengaku siap untuk maju di Pilgub Jabar 2024.

"Saya juga kaget saya dalam sebuah acara dapat kabar ini. Sekali lagi saya sadar ini sebuah tugas partai yang diberikan ke saya, insyaallah saya siap maju mendampingi Pak Jeje," ucap Ronal.

 


Krisdayanti Daftar Pilkada Kota Batu

Krisdayanti-Dewa berada di dalam satu mobil yang sama dengan ketika datang ke Kantor KPU Kota Batu, Rabu (28/8/2024), sekitar pukul 10.00 WIB. (Istimewa)
Krisdayanti-Dewa berada di dalam satu mobil yang sama dengan ketika datang ke Kantor KPU Kota Batu, Rabu (28/8/2024), sekitar pukul 10.00 WIB. (Foto: Instagram/krisdayanti_official)

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Krisdayanti atau KD dan Kresna Dewana Phrosak resmi mendaftar Pilkada Kota Batu 2024. Keduanya datang ke kantor KPU setempat dengan diarak ratusan simpatisan hingga kader partai koalisi.

Krisdayanti-Kresna berada di dalam satu mobil yang sama ketika datang ke Kantor KPU Kota Batu, Rabu (28/8/2024), sekitar pukul 10.00 WIB.

Keduanya melambaikan tangan menyapa para simpatisan yang sudah menunggu dan berdiri berjajar di sepanjang Jalan Sultan Agung.

Krisdayanti terlihat mengenakan baju PDIP berwarna merah yang lengkap dengan logo banteng moncong putih dan celana berwarna hitam, sedangkan Kresna mengenakan seragam biru tua khas warna Partai NasDem.

Setibanya di lokasi, pasangan yang sama-sama pernah duduk sebagai legislator di DPR RI langsung masuk ke dalam lobi kantor KPU Kota Batu, untuk menyerahkan berkas pendaftaran didampingi perwakilan pengurus DPC PDIP, NasDem, dan partai koalisi nonparlemen, yakni PBB, Perindo, Hanura, Ummat, Gelora, PPP, PKN, Partai Garuda, Partai Buruh.

Sekitar satu jam setelahnya, Krisdayanti-Kresna hingga perwakilan partai koalisi keluar dari dalam Gedung KPU.

Krisdayantimenyatakan seluruh proses pendaftaran berjalan lancar dan sudah diterima oleh komisioner lembaga penyelenggara pemilu.

"Alhamdullilah proses tadi masuk berjalan baik, berkas sudah kami serahkan, termasuk visi-misi. Kami diterima dengan baik, dicek dari poin A sampai D, kami dinyatakan lolos dan lengkap," kata KD.

Diva Tanah Air ini tak menampik jika proses persiapan menuju tahap pendaftaran dilalui dengan tidak mudah, namun berkat komunikasi dan koordinasi antara dirinya dengan Kresna serta partai koalisi kendala bisa dilalui keseluruhan.

Dia juga mengapresiasi langkah jajaran partai koalisi yang mempersiapkan acara arak-arakan menuju kantor KPU secara matang.

"Arak-arakannya tidak kalah dengan pawai artis ini," tuturnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya