Mayoritas Warga Kalteng Inginkan Keberlanjutan, Elektabilitas Agustiar-Edy Makin Kokoh di Puncak

Dari (80.7%) publik yang mengatakan puas terhadap kinerja Gubernur Sugianto Sabran, sebaran pilihannya kepada Agustiar Sabran - Edy Pratowo (46.8%).

oleh Tim News diperbarui 23 Sep 2024, 22:40 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 19:54 WIB
Agustiar-Edy
Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Agustiar Sabran-Edy Pratowo di Pilgub Kalteng 2024. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 79,8 persen masyarakat Kalimantan Tengah ingingkan keberlanjutan dari program yang sudah berjalan sejak pemerintahan Gubernur Sugianto Sabran. Hal itu berdampak positif terhadap elektabilitas Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Agustiar Sabran-Edy Pratowo di Pilgub Kalteng 2024.

Persentase tersebut tercatat dalam temuan survei Poltracking Indonesia periode 2-8 September 2024. Pada temuan tersebut, mayoritas masyarakat masih berharap keberlanjutan program Kalteng Berkah di kepemimpinan selanjutnya.

Hanya sebanyak 4,5 persen yang tidak setuju dengan keberlanjutan. Sementara ada 15,7 peren yang tidak menjawab.

"Sebanyak (79.8%) publik mengatakan setuju dengan program pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintahan Gubernur Sugianto Sabran – Wakil Gubernur Edy Pratowo dilanjutkan, sedangkan (4.5%) publik mengatakan tidak setuju," ujar Peneliti Poltracking Indonesia, Masduri Amrawi, Senin (23/9/2024).

Dalam temuan tersebut, Agustiar-Edy menjadi pasangan yang sangat diuntungkan. Tekad keduanya yang mengusung keberlanjutan meraih dukungan penuh dari masyarakat.

Pada survei Poltracking, sebanyak 80,7 persen masyarakat yang merasa puas dengan kinerja Gubernur Sugianto Sabran sebagai inisiator program Kalteng Berkah. Sementara itu, dari jumlah tersebut, ada 46,8 persen masyarakat yang mendukung pasangan Agustiar-Edy.

Itu memperjelas kekuatan Agustiar-Edy di Pilgub Kalteng 2024. Keduanya semakin kuat dengan program keberlanjutan Kalteng Berkah dan Maju.

"Dari (80.7%) publik yang mengatakan puas terhadap kinerja Gubernur Sugianto Sabran, sebaran pilihannya kepada Agustiar Sabran - Edy Pratowo (46.8%)," ucap Masduri.

Besarnya kekuatan Agustiar-Edy juga sangat jelas dengan tingginya elektabilitas. Pada survei Poltracking juga merekam elektabilitas Agustiar-Edy sebesar 41,6 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Simulasi 4 Paslon

Jumlah tersebut sangat jauh signifikan dibanding pasangan Nadalsyah-Supian Hadi di posisi kedua dengan 26,2 persen. Sedangkan di Posisi ketiga ada pasangan Willy Midel Yoseph-Habib Ismail bin Yahya dengan 11,4 persen, yang disusul oleh Abdul Razak-Sri Suwanto 5,8 persen.

"Dalam simulasi 4 pasangan calon Gubernur–Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran–Edy Pratowo memperoleh angka elektabilitas (41.6%), diikuti Nadalsyah–Supian Hadi (26.2%), Willy Midel Yoseph–Habib Ismail bin Yahya (11.4%) dan Abdul Razak–Sri Suwanto (5.8%)," pungkasnya.

Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya