Ridwan Kamil soal Kesamaan Visi Misi dengan Anies: Intinya soal Keadilan dan Kesejahteraan

Calon Gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) menanggapi soal kesamaan visi misi miliknya dan calon Wakil Gubernur (Wagub) Suswono dengan visi misi milik Anies Baswedan. Ridwan Kamil tidak menampik adanya kesamaan tersebut.

oleh Winda Nelfira diperbarui 28 Sep 2024, 21:10 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 21:10 WIB
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil di Rumah Ramah, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil di Rumah Ramah, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Calon Gubernur (cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) menanggapi soal kesamaan visi misi miliknya dan calon Wakil Gubernur (Wagub) Suswono dengan visi misi milik Anies Baswedan. Ridwan Kamil tidak menampik adanya kesamaan tersebut.

"Kalau mau jujur ya, visi misi para paslon itu semuanya sama, menuju berkeadilan, menuju kesejahteraan," kata Ridwan Kamil di Rumah Ramah, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2024).

Hanya saja, kata Ridwan Kamil, tetap ada perbedaan penulisan visi misi diantara masing-masing pasangan calon. Salah satunya terkait dengan gaya penulisan dan pendekatan yang dilakukan ke warga.

Mantan gubernur Jawa Barat itu menyatakan beberapa pasangan cagub-cawagub Jakarta menggunakan gaya penulisan yang konvensional. Ridwan Kamil menyebut, dalam hal pendekatan, RIDO menggunankan cara yang lebih humanis.

"Ada yang gayanya konvensional, ada yang gayanya lebih mendekati. Kayak kami, RIDO, negara datang ke warga, bukan warga datang selalu ke negara," ucap cagub yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

"Jadi banyak persamaannya, beda diksi-diksi bahasa, ujung-ujungnya sama. Ujung-ujungnya tentang adil makmur, tentang kemerataan, tentang inklusifitas, tentang demokratisasi dan lain-lain," mantan wali kota Bandung itu menambahkan.

Diketahui, beberapa waktu lalu Anies Baswedan mengunggah visi misi yang disiapkannya untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024. Buntut tak memperoleh tiket maju Pilkada Jakarta 2024, Anies memilih menunjukkan visi misi itu di laman media sosialnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Survei Poltracking Indonesia, Ridwan Kamil-Suswono Unggul Segala Aspek di Pilkada Jakarta

Tiga Paslon Pilgub Jakarta 2024 Ikuti Deklarasi Kampanye Damai
Tiga pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta 2024 adalah Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lembaga Poltracking Indonesia telah merilis hasil survei Pilkada Jakarta 2024, di mana salah satunya memotret elektabilitas dari seluruh calon yang maju.

Adapun hasil dari survei yang dilakukan 9-15 September 2024 dan melibatkan 1.200 responden itu, elektabilitas Ridwan Kamil unggul 48,9% dari lawannya seperti Pramono Anung 22,1% dan Dharma Pongrekun 4,1%.

"Dalam simulasi tiga nama calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil memperoleh angka elektabilitas 48,9 persen," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam paparannya, Jumat (27/9/2024).

Sebagai pasangan, Ridwan Kamil-Suswono juga unggul dari paslon yang lainnya. "Dalam simulasi surat suara pasangan gubernur-wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil Suswono memperoleh angka elektabilitas 47,5%, diikuti Pramono Anung-Rano Karno 31,5%, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana 5,1%," tutur Hanta.

Dari survei dengan margin of error 2,9 itu juga terpotret para responden dari enam daerah administrasi di Jakarta, di mana juga diungguli oleh Ridwan Kamil-Suswono. Misalnya di Jakarta Pusat pasangan itu meraih 50%, di Jaksel 45,4%, Jaktim 42,9%, Jakut 58,4%, dan Kepulauan Seribu 70%.

Pada peta suara pemilih Gen Z (di bawah atau setara dengan 22 tahun), RK-Suswono mengantongi 58,8%. Sedangkan Pramono-Rano mendapatkan 17,5% dan Dharma-Kun 3,1.

Selanjutnya, pada peta suara pemilih Milenial muda (22-30 tahun), RK-Suswono mengantongi 52,6%. Sedangkan Pramono-Rano mendapatkan 30,2% dan Dharma-Kun 5,6%.

Kemudian, pada peta suara pemilih Milenial matang (31-40 tahun), RK-Suswono mengantongi 48,9%. Sedangkan Pramono-Rano mendapatkan 34,5% dan Dharma-Kun 4,2%.

Adapun Survei Poltracking di Pilgub Jakarta 2024 kali ini menjaring total 1200 responden. Mereka terdiri dari kelompok usia minimal 17 tahun atau yang sudah menikah dan mempunyai hak pilih di Pilgub Jakarta 2024.

Terkait metodologi survei, Poltracking menggunakan multistage random sampling dengan margin of error sebesar +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Sebagai informasi, survei dilakukan pada tanggal 9-15 September 2024 dengan cara wawancara tatap muka oleh surveyor terlatih.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya