Didukung 22 Etnis di Jakarta, Ridwan Kamil: Ini Salah Satu Deklarasi Paling Mengharukan

Menurut RK, dukungan dari multi etnis tersebut menunjukkan Jakarta sebagai kota yang plural. Oleh sebab itu, kata dia Pancasila harus diterapkan dengan baik.

oleh Winda Nelfira diperbarui 17 Okt 2024, 18:16 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 18:16 WIB
Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK), memperoleh dukungan total 22 etnis yang ada di DKI Jakarta. 22 etnis tersebut, siap untuk membantu pemenangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

"Dari semua deklarasi yang saya haturkan terima kasih, ini salah satu deklarasi yang paling mengharukan, paling membesarkan hati dan merefleksikan identitas Jakarta," kata RK di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024).

Menurut RK, dukungan dari multi etnis tersebut menunjukkan Jakarta sebagai kota yang plural. Oleh sebab itu, kata dia Pancasila harus diterapkan dengan baik.

"Program-program RIDO akan menjadi pemimpin yang adil bagi semua golongan karena ada pelestarian budaya, tidak hanya Betawi sebagai tuan rumah yang kita muliakan tapi juga menjadi rumah dari seluruh etnisitas yang menjadi ciri Indonesia," kata dia.

RK menjelaskan, salah satu program yang dimaksud ialah Car Free Night. Program itu, kata dia bakal didesain sebagai bagian dari ekspresi kuliner, ekspresi budaya dari seluruh budaya-budaya yang ada di Jakarta.

"Car Free Day ada, Car Free Night juga ada, itulah salah satu program agar kita berbaur, saling menghormati dan saling membesarkan," ujarnya.

Lebih lanjut, RK berharap deklarasi ini akan mewujud pada kerja-kerja politik. Terlebih, kata dia 22 etnis tersebut bersedia membantu pemenangan RK-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Tokoh Multi Etnis Deklarasi Dukung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta

Tokoh Multi Etnis di Jakarta menyatakan dukungan kepada Pasangan Calon (Paslon) Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ridwan Kamil Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024.
Tokoh Multi Etnis di Jakarta menyatakan dukungan kepada Pasangan Calon (Paslon) Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ridwan Kamil Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Tokoh Multi Etnis di Jakarta menyatakan dukungan kepada Pasangan Calon (Paslon) Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Ridwan Kamil Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024. Ridwan Kamil-Suswono diyakini bisa menang satu putaran.

Ketua Relawan Sahabat Bang Ridwan Kamil sekaligus Ketua Bamus Betawi 1982 H Zainuddin atau yang karib disapa Haji Odink, membeberkan alasan kuat dibalik dukungan yang diberikan tokoh multi etnik tersebut.

Utamanya ialah pengalaman dan kemampuan. Menurut Haji Odink, berbicara tentang hal tersebut, tentu kualitas Ridwan Kamil diyakini sudah teruji melalui sejumlah legacy yang telah dilakukan mantan Gubernur Provinsi Jawa Barat itu.

"Mereka (tokoh Multi-Etnik -red) kan lihat latar belakang orang. Di perbandingkan antara 1 dan 3. Dua memang tidak dihitung. Yang ke-3 ini belum teruji. Rano (Karno -red) pernah jadi Gubernur dua kali, tapi mengecewakan Banten," kata Odink di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024).

Total, ada 22 multi etnik yang ada di Jakarta yang ikut serta dalam deklarasi dukungan untuk Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya