Kandidat Pengganti Erik ten Hag Tolak Tangani Manchester United

Gareth Southgate telah menolak kemungkinan untuk mengambil alih posisi Erik ten Hag di Manchester United dalam waktu dekat.

oleh Salma Sophiatunnisa diperbarui 12 Okt 2024, 12:22 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 12:00 WIB
Gareth Southgate
Timnas Inggris dipastikan tidak memiliki pelatih kepala untuk saat ini. Pasalnya Gareth Southgate memutuskan mundur dari jabatannya pasca Inggris kalah di Final Euro 2024. (AP Photo/Matthias Schrader, File)

Liputan6.com, Jakarta - Gareth Southgate menolak kemungkinan untuk mengambil alih posisi Erik ten Hag di Manchester United dalam waktu dekat. Sosok berusia 54 tahun itu mengaku tidak mau terburu-buru dalam menerima pekerjaan.

Terdapat spekulasi yang kuat di Theatre of Dreams mengenai posisi pelatih kepala Setan Merah saat jeda internasional bulan Oktober berlangsung.

Manchester United memulai musim 2024/2025 dengan buruk di Liga Premier, dengan hanya mengumpulkan delapan poin dari tujuh pertandingan dan kini berada di posisi ke-14 klasemen. Kemenangan hanya diraih atas Fulham dan tim promosi Southampton.

Tim asuhan Ten Hag juga mengalami kesulitan di level regional. Mereka gagal meraih kemenangan melawan klub Belanda FC Twente maupun raksasa Portugal FC Porto di fase grup Liga Europa.

Gareth Southgate Masih Ingin Istirahat

Foto: 5 Pelatih Timnas yang Jadi Alternatif Suksesor Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United, mulai Gareth Southgate hingga Joachim Loew
Gareth Southgate. Pelatih berusia 51 tahun yang masih menjabat sebagai pelatih Timnas Inggris ini sukses membawa Three Lions menjadi runner-up di ajang Euro 2020 lalu. Sebelumnya, ia pernah membesut Middlesbrough pada 2006 hingga 2009 dan Inggris U-21 pada 2013 hingga 2016. (AFP/Pool/Frank Augstein)

Dengan performa buruk yang ditunjukkan oleh Man United belakangan ini, muncul laporan bahwa Southgate menjadi calon pengganti Ten Hag. Namun, mantan pelatih timnas Inggris itu menepis rumor. 

"Saya tidak akan melatih tahun depan, itu sudah pasti. Saya yakin akan hal itu," katanya.

"Saya perlu memberi diri waktu untuk membuat keputusan yang baik. Ketika Anda keluar dari peran yang sangat besar, Anda perlu memberi waktu bagi tubuh Anda, Anda perlu memberi waktu bagi pikiran Anda."

Southgate menganggur sejak mengundurkan diri sebagai manajer Inggris setelah Euro 2024 yang penuh tantangan. Dia sebelumnya membawa Three Lions ke dua final ajang itu, tapi selalu berujung kekalahan.

Manchester United Mencari Pengganti Ten Hag, Tuchel Masih Jadi Pertimbangan?

Thomas Tuchel Tidak Jadi Latih MU
Tuchel pun menjadi incaran banyak klub top Eropa, salah satu klub yang disebut-sebut tertarik untuk menggunakan jasanya adalah Manchester United. (ALEXANDRA BEIER / AFP)

Dengan Southgate tidak berencana untuk segera kembali ke dunia manajerial sepak bola, Man United perlu mencari pengganti lain dalam waktu dekat.

Selama jeda internasional, banyak laporan mengklaim bahwa Setan Merah mengincar Thomas Tuchel. Namun, Man United belum melakukan kontak dengan pelatih Jerman itu, yang sedang menganggur setelah keluar dari Bayern Munchen pada Mei lalu.

Jika Ten Hag bertahan setelah jeda internasional, ia akan memimpin timnya dalam pertandingan Liga Premier melawan Brentford di Old Trafford pada 19 Oktober.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya