Said PDIP: Anies Menarik, Tapi RK-Kaesang Juga Menarik

Menurut Said Abdullah, pihaknya tidak akan memusuhi figur-figur yang potensial maju di Pilkada Jakarta.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 05 Jun 2024, 20:30 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 20:28 WIB
PDIP
Ketua DPP PDIP, Said Abdullah. (Liputan6.com/Devira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengakui bahwa nama Anies Baswedan menarik untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Menurut Said, sosok lainnya yang menarik maju di Pilkada Jakarta adalah sosok Ridwan Kamil (RK) hingga Kaesang Pangarep.

"Fakta bahwa Anies kuat kita lihat pilpres kemarin di Jakarta. Kalau Mba Puan menyampaikan itu Pak Anies menarik, pasti menarik, pada saat yang sama ada RK menarik, pasti menarik, dua-duanya menarik," kata Said, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

"Kaesang juga menarik, kata siapa bagi PDIP tidak menarik," sambungnya.

Menurut Said, pihaknya tidak akan memusuhi figur-figur yang potensial maju di Pilkada Jakarta.

"PDIP tidak menafikkan siapapun dan kami tidak dalam konteks untuk memusuhi siapapun, kami ingin mencari pemimpin yang memang fokus untuk kepentingan masyarakat DKI Jakarta," ujar dia.

Menurut Ketua Banggar DKI Jakarta ini, memilih calon pemimpin bukan perkara suka dan tidak suka, melainkan kemampuan.

"Bukan soal orang per orang saya tidak suka, bapak tidak suka saya, tidak saya pilih bukan seperti itu," pungkas Said.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nasdem Sambut PDIP bila Dukung Anies di Pilkada Jakarta

Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (12/10) malam (Ahda Bayhaqi/Merdeka.com)
Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (12/10) malam (Ahda Bayhaqi/Merdeka.com)

Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni menyambut baik bila PDI Perjuangan ingin mendukung Anies Baswedan untuk maju sebagai calon gubernur Jakarta. Menurutnya, semua tokoh punya potensi mencalonkan diri sebagi pemimpin Jakarta.

Pernyataan tersebut disampaikan Sahroni menyampaikan ini untuk menanggapi Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menilai sosok Anies menarik untuk diusung di Jakarta.

"Sangat dinamis ya di Jakarta, semua punya potensi untuk maju sebagai gubernur DKI Jakarta yang bukan ibu kota nantinya, tapi kita lihat perkembangannya, ya kalau memang PDIP mau dukung Anies sangat baik, kan banyak calon potensi yang luar biasa di Jakarta," kata Sahroni di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Menurutnya, tiap partai politik punya hak masing-masing untuk mengusung calon gubernur di Jakarta. Meski begitu, Nasdem tidak berpedoman terhadap ucapan Puan yanng menilai Anies menarik.

"Jadi enggak berpedoman pada misalnya Puan menarik untuk dukung Anies misalnya gitu, kan itu haknya partai masing-masing," jelas Sahroni.


Kata Puan soal Peluang Anies

Momen Puan Maharani Menangis Singgung Kader PDIP Pelanggar Konstitusi
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menitikkan air matanya saat membacakan poin rekomendasi eksternal hasil Rapat Kerjas Nasional (Rakernas) V di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua DPP PDIP Puan Maharani merespons peluang Anies Baswedan diusung PDIP di Pilkada Jakarta 2024. Puan mengaku, sosok Anies menarik untuk diusung di Jakarta.

"Menarik juga Pak Anies," kata Puan saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024.

Kendati demikian, Puan mengaku PDIP membuka peluang dengan partai lain termasuk dengan Gerindra yang merekomendasikan Ridwan Kamil.

"PDIP siap bekerjasama dengan siapa aja, ini ada Pak Lodewijk Golkar kita siap ya Pak," ucapnya.

Namun, dia mengaku PDIP akan melihat peta di lapangan sebelum menentukan sosok yang akan diusung. "Kita partai politik, khususnya PDIP siap bekerjasama dengan siapapun, khususnya setelah melihat peta lapangannya seperti apa," jelas Puan.

"Ya harus realistis bagaiamana melihat situasi di lapangan 

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya