Kebiasaan Baik Cegah Bak Cuci Piring Tersumbat

Jika tak ingin mengalami saluran bak cuci piring tersumbat, biasakan melakukan hal-hal berikut.

oleh boyleonard diperbarui 04 Okt 2016, 20:39 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2016, 20:39 WIB
20161004-kebiasaan bak cuci piring tersumbat-rumahcom-boy
Jika tak ingin mengalami saluran bak cuci piring tersumbat, biasakan melakukan hal-hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta Paling kesal jika saluran air, terutama saluran bak cuci piring Anda mampat. Selain aroma sekitar bak menjadi tak sedap, Anda pun harus membersihkan pipa sambungannya yang pastinya sangat kotor.

Ada rasa jijik, tapi mau tak mau Anda harus segera menyelesaikan masalahnya. Jika tak ingin hal itu terjadi, biasakan memperlakukan bak cuci piring seperti dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Selalu buah sisa makanan ke dalam tempat sampah. Sekecil apa pun sisa makanan, tetap saja berisiko menyumbat saluran air, terutama jika sisa makanan tersebut mengandung santan dan minyak yang justru malah menggumpal jika terkena air dingin.

Jangan buang sembarang kuah sisa makanan ke dalam bak cuci piring. Jenis kuah makanan yang mengandung santan dan minyak—termasuk bekas mentega dan butter—akan mudah menggumpal jika terendam air dingin.

Jadi, saat Anda membuangnya ke dalam saluran air, di area pipa yang datar sisa kuah ini akan bercampur dengan air dan menimbulkan sumbatan.

Buang sisa kuah ke dalam kaleng lalu tutup rapat dan buanglah ke tempat sampah.

Jangan buang sisa adonan vla puding, saus pasta, dan kocokan telur mentah ke bak cuci piring. Jika masih ada yang menempel pada piring atau mangkuk, usap dengan tisu lalu buang tisunya.

Sisa adonan yang terbuat dari tepung seperti ini cenderung menggumpal jika terkena air hangat, sehingga menimbulkan sumbatan saat Anda membilas bak cuci piring dengan air panas.

Jangan biarkan sisa busa sabun menggenang di bak. Masih adanya busa menandakan kotoran tak sepenuhnya mengalir.

Gelontorkan sisa sabun dengan menyiram bak cuci piring dengan air—hal ini juga mencegah sisa sabun menempel di dalam pipa saluran air yang berisiko menyebabkan salurannya tersumbat.

Bilas bak cuci piring dengan air hangat untuk membersihkan sisa minyak di permukaan bak. Sisa minyak tak hanya menyebabkan bak cuci menjadi kusam, tapi juga mengundang timbulnya bakteri dan kuman penyebab diare.

Asbak dan bekas lilin sebaiknya tidak asal dibersihkan di bak cuci. Sisa abu rokok dan lilin akan menggumpal jika terendam air dingin.

Bersihkan bekas lilin yang masih padat di luar bak cuci dan buanglah ke tempat sampah, setelah itu barulah Anda bisa mencuci tempat lilin dan asbak tersebut.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya