Gubernur Aher: Arus Mudik 2015 di Jabar Lebih Lancar dari 2014

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengevaluasi arus mudik Lebaran 2015 di wilayah Jawa Barat.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Jul 2015, 17:00 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2015, 17:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengevaluasi arus mudik Lebaran 2015 di wilayah Jawa Barat. Hasilnya, arus mudik kali ini lebih lancar dibanding 2014.

"Evaluasi mudik di Jawa Barat, alhamdulillah lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian puncak arus mudik itu betul Rabu malam dan Kamis pagi. Saya kemarin mengevaluasi dengan pihak terkait," kata Ahmad Heryawan di Lapangan Gasibu Bandung, Jumat (17/7/2015).

Menurut dia, keberadaan Jalan Tol Cikopo menjadi pembeda tradisi arus mudik tahun ini dan mampu mengurangi kemacetan arus mudik yang biasa terjadi di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa Barat.

"Hanya kawasan Pantura lama, sekarang jadinya didominasi oleh kendaraan roda dua. Ini menjadi agak ngeri karena kecepatannya tinggi-tinggi kalau dulu kan pelan. Ini kan khawatir tapi alhamdulillah terkendali," kata dia.

Namun, kata dia, salah satu jalur mudik di Jawa Barat yang masih mengalami kemacetan cukup parah adalah Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung dan Limbangan, Kabupaten Garut.

"Dari empat jalur, berdasarkan pantauan saya dengan Pak Kapolda Jabar hari Rabu kemarin itu jadi dua jalur sehingga tersendat. Kemudian di sana juga tidak ada jalur alternatif, hanya Cijapati makanya agak sulit diurai," beber politikus PKS ini.

Ia mengatakan, salah satu cara untuk mengurangai kemacetan di arus mudik Jalur Jabar Selatan ialah dengan membangun jalan tol yakni Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya.

"Tentu dengan penyelesaian tol di kawasan Pantura Jabar, maka kawasan Selatan Jabar pun mendorong kita untuk terus lebih jauh merencanakan pembangunan Tol Cileunyi-Tasikmalaya," tutup Aher. (Ant/Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya