Kebakaran Pabrik Semen Tonasa Sulsel, 1 Tewas 9 Luka Bakar

Kebakaran diduga berawal dari gesekan batu bara, sehingga mengeluarkan api yang merembes ke vanbelt dan kemudian berkobar hebat.

oleh Eka Hakim diperbarui 19 Agu 2015, 23:17 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2015, 23:17 WIB
ilustrasi kebakaran
Ilustrasi petugas kebakaran memadamkan api | Via: liputan6.com

Liputan6.com, Makassar - Kebakaran yang terjadi di cool mill 4 Pabrik Semen Tonasa di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, sore tadi sekitar pukul 18.05 Wita, menelan 1 korban jiwa dan 9 orang terluka bakar.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, Rabu (19/8/2015) malam, korban yang dinyatakan meninggal dunia bernama Akbar (25), karyawan PT Prima Karya Manunggal (PKM), beralamat di kawasan Kabba Misten, Pangkep.

Sedangkan 9 korban yang mengalami luka bakar adalah Ansar (26) karyawan PKM alamat Balocci‎, Hamsah (33) karyawan PKM alamat Boronguntia, Wahyudi (23) karyawan PKM alamat Talappassa, Haerun (43) pegawai organik Tonasa, Jamal (45) karyawan PKM alamat Misten, Asdar (18) karyawan PKM alamat Labakkang, Bahtiar (26) karyawan PKM alamat Bontoa Kalabirang, Tono (19) karyawan PKM alamat Majennang Birinkassi, Surpahmi (18) karyawan PKM alamat Labakkang, dan Supriadi (18) karyawan PKM.

Kapolres Pangkep AKBP Moh Hidayat kepada Liputan6.com via telepon mengatakan kebakaran diduga berawal dari gesekan batu bara, sehingga mengeluarkan api yang merembes ke vanbelt dan kemudian mengalami kebakaran hebat. Api semakin membesar dan sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran karena posisi coll mill terbakar pada bagian atas, yakni terletak pada ketinggian 80 meter.

‎"Kita sudah melakukan pengamanan di TKP (tempat kejadian perkara) dan merujuk seluruh korban ke masing-masing rumah sakit di Makassar di antaranya ke RS Stella Maris dan RS Awal Bros serta RSUD Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulsel. Selain itu kita juga telah mengambil keterangan saksi-saksi terkait," kata Hidayat.

Saat ini, lanjut Hidayat, situasi api sudah mulai mengecil dan masih dalam proses pemadaman oleh tim pemadam kebakaran Pangkajene Kepulauan, Sulsel.

"Kami juga bersama Direktur produksi PT Semen Tonasa, Toto Sudibuo serta Tri Abdu selaku Direktur Komersial sedang melakukan pengawasan di TKP hingga saat ini dan menunggu upaya proses pendinginan pada area dust collector (penangkap debu)," tukas Hidayat.

Kebakaran terjadi di belt transport yang merupakan jembatan batu bara kasar sepanjang 150 meter menuju bangunan coal mill, wadah penggilingan untuk menghaluskan batu‎ bara yang terletak di area Tonasa IV PT Semen Tonasa . (Ans/Ado)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya