Minggu Pagi Ceria dengan Surabaya Vaganza

Karena Surabaya Vaganza, program CFD di Jalan Raya Darmo (Taman Bungkul) dan Jalan Tunjungan Kota Surabaya akan ditiadakan pagi ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Mei 2018, 06:03 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2018, 06:03 WIB
20170103-Parade-Mawar-Pasedana-AP
Cal Poly Universities memenangkan Founder's Trophy untuk keindahan Mobil hias yang dihias oleh para relawan pada parade mawar ke 128 di Pasadena, California, AS (2/1). parade bunga mawar ini digelar setiap tahun baru. (AP Photo/Michael Owen Baker)

Liputan6.com, Surabaya - Car Free Day (CFD) yang biasa berlangsung pada Minggu pagi di Jalan Raya Darmo (Taman Bungkul) dan Jalan Tunjungan Kota Surabaya pada Minggu (6/5/2018) akan diliburkan karena bertepatan dengan acara Surabaya Vaganza.

"Maka dari itu, kami menyampaikan kepada warga bahwa acara car free day di kedua tempat itu untuk sementara akan diliburkan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Surabaya Eko Agus Supiadi Sapoetro saat menggelar jumpa pers di Humas Pemkot Surabaya, Sabtu, 5 Mei 2018, dilansir Antara.

Menurut dia, Jalan Tunjungan dan Raya Darmo akan digunakan untuk jalur kegiatan Surabaya Vaganza atau parade budaya dan mobil hias yang akan dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan start awal dari Tugu Pahlawan hingga finish di Taman Bungkul Surabaya.

Jalan yang biasanya ditutup sejak pukul 06.00 WIB untuk acara CFD masih bisa dilewati hingga pukul 08.00 WIB atau selama pelaksanaan parade masih belum berjalan. "Nanti pun pukul 08.00 baru akan ditutup ketika acara Surabaya Vaganza dimulai," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang hadir dalam acara tersebut, untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama jalannya acara Surabaya Vaganza.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan agar tidak membuang sampah sembarangan, karena Pemkot Surabaya telah menyediakan tempat sampah di beberapa titik lokasi.

"Kami harap masyarakat bisa menjaga ketertiban, agar pelaksaan acara ini bisa berlangsung dengan baik," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan selama pelaksanaan Surabaya Vaganza, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 3.700 orang yang terdiri dari seluruh OPD, baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan untuk ikut mengamankan jalannya acara.

"Selain itu, kita juga dibantu dari pihak kepolisian. Sebanyak 253 orang jajaran dari kepolisian akan ikut membantu mengamankan jalannya acara ini," ujarnya.

Untuk akses jalan, lanjut Eddy, dari arah luar kota menuju ke Surabaya (Sisi Barat Raya Darmo) akan dibuka untuk akses jalan. Namun, kata dia, hal ini bersifat fakultatif, artinya tergantung dari animo masyarakat yang hadir.

"Kalau penontonnya banyak, maka dimungkinkan jalan tersebut (sisi barat Jalan Raya Darmo) akan ditutup," katanya.

Kegiatan ini, kata dia, diharapkan bisa selesai paling lambat pada pukul 12.00 WIB. Ia memastikan dengan selesainya rangkaian acara Surabaya Vaganza, maka kedua akses jalan tersebut akan dibuka kembali untuk umum.

"Karena mengingat adanya pertandingan sepak bola yang akan berlangsung pada hari yang sama," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rute Pawai

20160101- Mobil Hias Meriahkan Jalan di Pasadena-Reuters
Sebuah mobil hias berbentuk pilot terbang ikut berparisipasi di Rose Parade, Pasadena, California (1/1/2016). Acara Rose Parade menjadi acara yang dinantikan penduduk Pasadena setiap awal tahun (REUTERS / David McNew)

Eddy juga berpesan kepada masyarakat yang hadir menonton acara Surabaya Vaganza agar berada pada ruang yang telah disiapkan oleh panitia. Selain itu, lanjut dia, pihaknya telah menyiapkan batas-batas agar penonton tidak sampai masuk ke tengah.

"Saya harapkan warga bisa mematuhi ketertiban agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Berikut adalah rute pawai Surabaya Vaganza 2018:

Berangkat: Jalan Pahlawan (depan kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur)

Rute: jalan Kramat Gantung, Gemblongan, Tunjungan, Gubernur Suryo, Panglima Sudirman, Urip Sumoharjo, dan Raya Darmo.

Datang: Taman Bungkul.

Area parkir pengunjung:

Jalan Johar- Jalan Setail (area parkir kebun binatang Surabaya)- Jalan Marmoyo- Jalan Darmokali- Jalan Serayu- Jalan Tanggulangin- halaman parkir Tugu Pahlawan

Area parkir tamu undangan VIP:

Jalan Pasar Besar Wetan- Jalan Taman Bungkul- Jalan Progo

Area parkir peserta dan undangan:

Jalan Ciliwung- Jalan Citarum- Jalan Porong- Jalan Yuwono- Jalan Serayu- Jalan Marmoyo.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya