2 ASN Positif COVID-19, Kegiatan di Gedung DPRD Medan Ditiadakan Sementara

Seluruh kegiatan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan yang berada di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), untuk sementara waktu ditiadakan. Hal ini disebabkan adanya 2 Aparatur Sipil Negara (ASN) terkonfirmasi positif virus Corona

oleh Reza Efendi diperbarui 02 Sep 2020, 15:20 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2020, 16:00 WIB
Gedung DPRD Medan
Kegiatan di Gedung DPRD Medan untuk sementara waktu mulai Rabu, 19 Agustus 2020, hingga Senin, 31 Agustus 2020, ditiadakan sementara.

Liputan6.com, Medan Seluruh kegiatan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan yang berada di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), untuk sementara waktu ditiadakan. Hal ini disebabkan adanya 2 Aparatur Sipil Negara (ASN) terkonfirmasi positif virus Corona COVID-19.

Informasi diperoleh Liputan6.com, ditiadakannya kegiatan di Gedung DPRD Medan untuk sementara waktu mulai Rabu, 19 Agustus 2020, hingga Senin, 31 Agustus 2020. Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Medan, Alida menyebut, kebijakan ini bukan lockdown.

"Tapi, meniadakan kegiatan kantor, termasuk kegiatan anggota dewan di kantor, misalnya rapat-rapat ditiadakan," kata Alida, Selasa (18/8/2020).

Diungkapkan Alida, kebijakan tersebut sudah disampaikan melalui surat resmi bernomor 011/7705 tertanggal 11 Agustus 2020 yang ditandatangani oleh Plt Sekretaris DPRD Medan. Untuk program kerja yang sudah ditetapkan sebelumnya tetap akan berjalan. Terutama yang menyangkut pelayanan kepada masyarakat.

"Tidak mungkin gara-gara seseorang, pelayanan terhadap masyarakat tidak dijalankan. Seperti reses, itu pelayanan kepada masyarakat. Program-program kerja tetap jalan," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut:


Cegah Kerumunan

Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution
Akhyar saat menerima kunjungan kerja Tim Pansus COVID-19 DPRD Sumut di Posko Gugus Tugas COVID-19 Kota Medan

Tidak hanya karena ada 2 ASN di Sekretariat DPRD Medan yang positif COVID-19, penghentian sementara kegiatan di DPRD Medan juga untuk mencegah adanya kerumunan, sekaligus mengantisipasi serta mencegah penularan COVID-19.

"Intinya, jangan terjadi perkumpulan sementara," ujarnya.

Berdasarkan informasi diperoleh, 1 dari 2 orang ASN di Sekretariat DPRD Medan yang terkonfirmasi positif COVID-19 dikabarkan meninggal dunia. Sedangkan 1 orang lainnya masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kota Medan.


Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)
Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Tekait kasus COVID-19, Pemerintah Kota (Pemko) Medan gencar melakukan pendisiplinan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya yakni dengan merazia masker bersama dengan unsur TNI-Polri.

Asisten Administrasi Umum (Asmum) Setdako Medan, Renward Parapat mengatakan, seluruh perangkat di tingkat kecamatan, kelurahan dan lingkungan terus didorong untuk melakukan koordinasi dan sinergitas dengan unsur muspika untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan protokol kesehatan.

"Terlebih dalam menyosialisasikan Perwal Nomor 27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB Pada Kondisi Pandemi COVID-19 di Kota Medan," sebutnya beberapa waktu lalu.

 


Gencar Sosialisasi

Akhyar Nasution
Tidak hanya perguruan swasta, larangan juga disampaikan kepada Unit Pelayanan Teknis (UPT) TK, SD dan SMP Negeri se-Kota Medan melalui Surat Edarah Nomor 420/3482 tanggal 14 Mei 2020.

Ditegaskannya, sosialisasi ini harus terus gencar dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat, mengingat pandemi COVID-19 yang saat ini mewabah belum dapat diprediksi kapan akan berakhir.

"Maka dari itu, kami bersama unsur forkopimda terus berkoordinasi agar perwal tersebut dapat berjalan efektif. Kami juga berharap, masyarakat dapat mematuhi aturan dan ketentuan, khususnya protokol kesehatan demi kebaikan bersama," Renward menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya