Donor Darah PPI Tiongkok dan PMI di 8 Kota

Donor darah ini terbuka untuk umum, pendaftaran bisa dengan menghubungi kontak PPI Tiongkok.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 09 Des 2021, 11:35 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2021, 22:46 WIB
Donor Darah PPI Tiongkok dan PMI di 8 Kota
Donor Darah PPI Tiongkok dan PMI di 8 Kota

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Lions Club Medan akan menggelar kegiatan donor darah di delapan kota di Indonesia pada bulan ini.

Delapan kota berikut perincian jadwalnya sebagai berikut; Surabaya pada Jumat (12/11), Jakarta, Bandung, Jambi, Banjarmasin, Semarang, dan Palembang pada Sabtu (13/11), serta Medan pada Sabtu dan Minggu (13-14/11).

Kegiatan donor darah yang bertema “Give Blood Save Lives” ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada 12 November. Kegiatan ini berawal dari kondisi seiring pandemi Covid-19 yang menyebabkan persediaan darah di PMI semakin menipis.

Kegiatan donor darah ini diharapkan menambah persediaan darah PMI. Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah bagi kesehatan selain sebagai wujud kepedulian.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Indonesia sadar bahwa donor darah bukan saja bermanfaat bagi orang lain, tetapi juga untuk kesehatan kita sendiri,” ujar Ketua Pelaksana Acara, Callista Angelique Pudjanegara, dalam keterangan tertulis, Jumat (11/11/2021).

Ketua PPI Tiongkok, Nikkolai Ali Akbar Velayati mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu takut akan kegiatan di tengah pandemi ini karena pelaksana akan menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk prosedur donor darah pastinya sesuai prosedur yang telah diterapkan oleh PMI. Setelah mendonor tentunya akan juga diberikan konsumsi kepada para pendonor.” kata Nikkolai.

Pendonor harus memenuhi syarat, seperti berusia 17-65 tahun, sehat jasmani dan rohani, berat badan minimal 45 kg, tekanan darah 100-170/70-100, kadar Hb 12,5g%-17,0g%, dan dengan interval donor minimal tiga bulan sejak donor sebelumnya.

Donor darah ini terbuka untuk umum dengan target minimal 75 kantong darah/kota. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengunjungi Instagram @ppitiongkok atau mendaftarkan diri langsung ke lokasi donor darah.

Aksi kemanusiaan ini juga mendapatkan apresiasi dari Bank Sumsel Babel Cabang Kapten A. Rivai Palembang dan konsultan pendidikan luar negeri, TutoRavel.

Saksikan Video Ini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya