5 Tempat Dendeng Batokok di Bandung Paling Enak yang Wajib Dicoba

Buat warga Bandung, tak perlu jauh-jauh terbang ke Padang buat mencicipi makanan yang satu ini.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 12 Jan 2022, 12:00 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2022, 12:00 WIB
Dosa dan 5 Menu Jawara Restoran Plataran Lainnya yang Wajib Dicoba
Dendeng Batokok kreasi Restoran Plataran. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Bandung - Pedas, kenyal, dan bikin nagih. Itulah kehebatan salah satu makanan khas Padang, dendeng batokok. Untuk warga Bandung, tak perlu jauh-jauh terbang ke Padang buat mencicipi makanan yang satu ini. Karena ada lima lokasi dendeng batokok terenak di Bandung.

Dendeng adalah salah satu makanan khas Padang yang juga sama terkenalnya dengan rendang. Ada dua jenis dendeng yang bisa ditemukan di rumah makan Padang, dendeng balado dan dendeng batokok. Keduanya merupakan daging yang diiris tipis yang diolah dengan berbagai bumbu.

Yang membedakannya, biasanya dendeng balado memiliki tekstur yang renyah dan dilengkapi dengan sambal dari cabai merah. Sementara dendeng batokok, tekstur dagingnya masih basah dan kenyal dan dilumuri dengan sambal hijau.

Batokok sendiri dalam bahasa Minang artinya memukul, dan inilah yang menjadi salah satu proses pembuatan dendeng batokok. Dendeng yang sudah direbus dengan bumbu kemudian dipukul sampai pipih, dan kemudian dipanggang di atas arang batok kelapa.

Dendeng batokok selalu bisa memikat dengan aroma harumnya, rasa gurih pedasnya, dan tentu saja cocok dinikmati dengan sepiring nasi panas. Penasaran dengan dendeng batokok terenak yang ada di Bandung? Simak lima rekomendasi dendeng batokok di Bandung yang disajikan Liputan6.com.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:


Dendeng Batokok Dago

Makanan Khas Padang
Dendeng Batokok / Sumber: iStockphoto

Penggemar dendeng batokok harus mencoba dendeng di tempat makan yang satu ini. Selain berbumbu yang membuat rasa dagingnya sedap, sambal lado mudo yang membalur dendeng pun berlimpah.

Selain itu, menu yang satu ini juga biasanya dilengkapi dengan semangkuk kecil sup hangat berbumbu. Tak hanya dendeng batokok, tempat makan yang satu ini menyajikan banyak pilihan menu masakan Padang lainnya yang tak kalah sedap.

Dendeng Batokok Dago

Jl. Ir. H. Jukamu No. 354 Dago Atas, Bandung

Telepon: 081394622737

Jam buka: 11.00 - 23.00


Rumah Makan Padang 'Malah Dicubo'

Dendeng Batokok
Dendeng Batokok (Sumber: Wikipedia)

Malah Dicubo adalah salah satu Rumah Makan Padang paling terkenal di seantero Kota Bandung meski tempatnya lumayan tersembunyi.

Tentu saja ada beraneka macam menu khas Minang di tempat makan yang satu ini. Namun, dendeng batokok ala Malah Dicubo selalu jadi primadona. Selain irisan dagingnya yang cukup tebal, sambal lado mudonya pun selalu membuat rindu.

Rumah Makan Malah Dicubo

Jl. Stasiun Hall Selatan No.27 Andir, Bandung

Telepon: (022) 4214581

Jam buka: 10.00 - 19.30


Mande Kanduang

resep
ilustrasi resep dendeng balado/copyright Shutterstock

Pecinta makanan khas Padang juga perlu datang untuk mencoba aneka menu makanan khas Tanah Minang di Mande Kanduang. Rumah makan Padang yang satu ini agak berbeda karena menggunakan gerobak.

Namun, jangan salah, bumbu setiap menunya selalu berlimpah yang tentu membuat masakan menjadi lebih sedap. Jangan lupa untuk mencoba dendeng ala Mande Kanduang, dijamin ketagihan!

Mande Kanduang

Jl. Haur Pancuh No.76 Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Jam buka: 08.00 - 22.00


Ayam Batokok Tamansari

dendeng
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Tempat makan yang satu ini juga kerap diserbu oleh para pecinta makanan khas Padang, terutama mahasiswa yang ada di sekitar Taman Sari.

Tentunya, menu kamulan di tempat makan yang satu ini adalah ayam batokok dan dendeng batokoknya yang kerap disebut "juara" oleh para pelanggannya. Selain kedua menu kamulan itu, tempat makan ini juga menawarkan berbagai menu pelengkap, mulai dari perkedel, tempe, tahu, dan lainnya.

Ayam Batokok Tamansari

Gg. Unen

Tamansari, Bandung

Telepon: 081322302868

Jam buka: 09.00 – 21.00


Dendeng Aja

[reservasi]bekal khas orang indonesia
Dendeng balado (shutterstock)

Buat kamu yang ingin mencicipi nasi padang dengan lauk dendeng kenyal nan gurih pedas dengan kemasan sedikit lebih modern, bisa mencoba ke Dendeng Aja.

Tentu saja, di tempat makan yang satu ini kamu bisa menikmati dendeng batokok dengan berbagai pilihan topping. Mulai dari nasi dendeng original, nasi dendeng dengan irisan kentang, nasi dendeng dengan telur, dan juga nasi dendeng dengan kentang dan telur.

Dendeng Aja

Jl. Stasiun Timur No. 22-23 Andir, Bandung

Telepon: 08562224905

Itulah lima dendeng batokok terenak di Bandung yang bisa kamu datangi. Tinggal pilih salah satu, mana yang bisa memuaskan lidah dan perutmu. Selamat makan! 

Penulis Mega Dwi Anggraeni

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya