5 Hari Isoman di Eks Rumah Dinas Jokowi, Gibran Kembali Tes PCR Covid-19

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali menjalani swab PCR untuk mengetahui kondisinya setelah dinyatakan posirif Covid-19 pada Jumat lalu.

oleh Fajar Abrori diperbarui 08 Mar 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2022, 15:00 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (dok.Instagram @gibran_walikotasolo/https://www.instagram.com/p/CRxVWlIhcSH/Henry)

Liputan6.com, Solo - Petugas medis kembali melakukan tes swab polymerase chain reaction (PCR) kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung, Selasa (8/3/2022). Putra sulung Presiden Jokowi itu dinyatakan positif Covid-19 setelah uji swab PCR pada Jumat (4/3/2022) lalu.

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa mengungkapkan setelah melakukan isoman selama lima hari di Loji Gandrung, hari ini Gibran dijadwalkan kembali menjalani tes swab PCR. Menurutnya, tes swab itu dilakukan petugas medis dari RS Bung Karno yang didampingi tim dokter kepresidenan.

"Bilamana nanti hasilnya negatif maka disarankan oleh dokter istirahat dua hari dan setelah itu baru boleh aktivitas. Berarti tambah dua hari, ya Jumat sudah bisa beraktivitas," beber Teguh saat ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (8/3/2022).

Teguh mengatakan jika nanti hasil swab sudah negatif, rencananya Gibran akan mendampingi kunjungan kerja Presiden Jokowi pada Jumat (11/3/2022) mendatang di Solo. Salah satu agenda yang bakal dihadiri Presiden Jokowi adalah Dies Natali ke-46 UNS Solo pada hari Jumat.

"Tetapi kalau hasilnya hari ini (masih) positif maka hari ke sepuluh akan dilakukan kembali (swab) PCR)," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:


Tetap Bekerja

Sedangkan, ketika disinggung mengenai perkembangan kondisi Wali Kota Solo, ia menjelaskan, kondisi putra sulung Jokowi itu sudah berangsur-angsur membaik selama menjalani isoman di eks rumah dinas Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo. Bahkan, menurutnya, saat ini Gibran juga sudah menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota Solo untuk berkoordinasi dengan sejumlah OPD di Pemkot Solo. 

"Beliau sudah langsung memerintahkaan kepada teman-teman OPD melalui telepon agar hal-hal yang harus dikerjakan dan hal-hal yang harus dipersiapkan serta mendesak agar segera diselesaikan," ujar dia. 

Seperti diketahui Wali Kota Solo Gibran positif Covid-19 diawali dengan keluhan tidak enak badan. Setelah itu langsung memutuskan meninggalkan kediaman pribadinya untuk isoman di rumah dinas Loji Gandrung. Dari hasil uji swab yang dilakukan pada hari Jumat itu, ia dinyatakan positif Covid-19.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya