Tips Membuat Peuyeum ala Rumahan, Hanya Butuh 2 Bahan!

Cara membuat peuyeum cukup mudah hanya membutuhkan dua bahan utama untuk membuatnya.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 30 Jul 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2022, 08:00 WIB
peuyeum bandung
Peuyeum khas Bandung. (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Peuyeum merupakan makanan olahan khas Bandung. Makanan yang terbuat dari fermentasi singkong ini banyak disukai oleh masyarakat.

Peuyeum juga memiliki banyak manfaat di antaranya menjadi sumber karbohidrat dan probiotik yang cocok untuk diet, dapat mengatasi darah tinggi dan kekurangan darah, baik untuk pencernaan, serta dapat menghangatkan tubuh.

Asal mula peuyeum berawal dari masyarakat Bandung yang menjadikan singkong sebagai makanan pengganti nasi. Produksi singkong yang berlebihan mengakibatkan singkong busuk sebelum dimakan.

Singkong yang berlebihan itu difermentasi menggunakan ragi agar singkong tersebut tetap awet dan bisa dimakan. Akhirnya dapat menghasilkan makanan lezat yang disukai oleh masyarakat. Cuaca yang dingin karena berada di dataran tinggi juga menjadikan masyarakat Bandung menyukai peuyeum yang dapat menghangatkan tubuh.

Cara membuat peuyeum cukup mudah hanya membutuhkan dua bahan utama untuk membuatnya. Bagi yang suka peuyeum, makanan ini dapat dibuat sendiri di rumah. Berikut bahan-bahan untuk membuat peuyeum ala rumahan dan cara mengolahnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan dan Cara Membuat

Peuyeum Bandung
Peuyeum khas Bandung. (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

1. Singkong

Bahan utama dalam pembuatan peuyeum adalah singkong. Singkong yang biasa digunakan yaitu singkong manis yang berwarna putih atau kuning. Singkong yang berwarna kuning lebih banyak dipilih karena lebih lembut dan tidak ada serat-serat kasar.

Cara mengolahnya:

Pertama, potong ujung dan pangkal singkong, lalu kupas singkong dan bersihkan dengan air. Kedua, rebus singkong sampai matang, cara untuk memastikan singkong sudah matang yaitu singkong dapat ditusuk dengan mudah. Ketiga, letakan singkong yang sudah matang pada wadah dan dinginkan sampai tidak ada uap.

2. Ragi

Dalam pembuatan peuyeum, ragi juga merupakan bahan yang berperang penting. Ragi mengandung mikroorganisme yang berguna untuk proses fermentasi. Ragi dicampurkan dengan singkong agar dapat membuat makanan olahan yang memiliki rasa asam manis serta tekstur yang lembut dan empuk.

Cara mengolahnya:

Campurkan ragi bubuk secara merata ke dalam singkong yang sudah didinginkan, baluri satu persatu singkong dengan ragi. Selanjutnya, tutup rapat singkong yang ada di dalam wadah dan tunggu selama 3 hari. Setelah didiamkan, peuyeum sudah siap untuk dihidangkan. 

Itu dia bahan-bahan untuk membuat peuyeum ala rumahan dan cara mengolahnya. Sangat mudah untuk dibuat di rumah. Selamat mencoba.

Penulis: Najwa Rahmadina

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya