Menikmati Pagi dan Sore di 5 Taman Kota Balikpapan yang Asri

Jika kamu sedang berkunjung ke Balikpapan, berikut ini daftar taman kota Balikpapan yang layak kamu disinggahi.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 01 Sep 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2022, 06:00 WIB
Taman kota - Vania
Ilustrasi Taman kota/https://unsplash.com/MIO ITO

Liputan6.com, Balikpapan - Taman kota menjadi salah satu lokasi yang menyenangkan untuk menghabiskan pagi atau sore hari. Pemandangan dan suasananya yang asri, membuat taman kota menjadi lokasi yang cocok untuk bersantai ria bersama teman, keluarga, atau pasangan.

Beberapa taman kota juga menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari tempat bermain anak, penjual makanan, tempat duduk, dan sebagainya. Jika kamu sedang berkunjung ke Balikpapan, berikut ini daftar taman kota Balikpapan yang layak kamu disinggahi:

1. Taman Bekapai

Taman Bekapai adalah taman kota yang paling terkenal dan ramai dikunjungi, baik oleh warga lokal maupun wisatawan. Taman ini identik dengan kolam air mancurnya yang terletak di tengah taman. 

Pada malam hari, air mancur tersebut akan dihiasi oleh lampu warna-warni, sehingga membuatnya lebih menawan. Lokasinya yang sangat strategis dan tempatnya yang nyaman membuat taman ini selalu ramai.

Biasanya, masyarakat menghabiskan waktu dengan duduk bersantai, jalan sore, berburu kuliner, atau bermain dengan burung merpati. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual makanan di sekitar Taman Bekapai ini.

Taman Bekapai juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya tempat duduk, tempat mencuci tangan, track pijat batu untuk kaki, koneksi internet wifi, dan sebagainya. Taman Bekapai yang berlokasi di depan kantor PLN tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 86, RT11, Balikpapan ini, juga dekat dengan berbagai area publik lainnya, seperti pasar, masjid, mal, hotel, dan kantor polisi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Taman Tugu Adipura

2. Taman Tugu Adipura

Sesuai dengan namanya, Tugu Adipura adalah tugu yang dibangun sebagai bentuk kebanggaan warga Kota Balikpapan yang berhasil meraih penghargaan Adipura sebanyak 18 kali. Taman ini juga dapat disinggahi untuk bersantai sore. 

Terdapat gazebo yang bisa kamu gunakan sebagai tempat berbincang bersama kerabat sambil beristirahat sejenak. Hampir di seluruh sisi jalan di taman ini dilengkapi dengan track pijat batu.

Jika ingin bersantai sambil menikmati cemilan, kamu bisa membeli berbagai makanan ringan di sekitar taman. Taman ini berlokasi di Jalan P. Antasari, Karang Rejo, Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan.

3. Taman Tiga Generasi

Taman Tiga Generasi adalah salah satu taman kota yang menarik di Kota Balikpapan. Taman ini memiliki ukuran yang sangat luas sehingga banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana.

Taman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas umum, seperti toilet, taman bermain anak, gazebo, perpustakaan mini, track pijat batu, dan lainnya. Tak hanya itu, kandang besar yang dihuni puluhan merpati juga ada di sana.

Kamu bisa menikmati beragam makanan ringan yang dijajakan di sana. Taman Tiga Generasi dekat dengan Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, lokasinya di Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan.

 


Taman Wiluyo Puspo Yudho

4. Taman Wiluyo Puspo Yudho

Meski kawasan ini berfungsi dengan baik sebagai area hijau di tengah kota, Taman Wiluyo Puspo Yudho lebih terkenal akan kulinernya. Jika berkunjung ke sini, kamu wajib untuk mencoba Bakso Taman yang sangat terkenal kelezatannya.

Tidak hanya bakso, di sini juga terdapat kuliner lainnya yang harus kamu jajal sambil menikmati suasana taman. Taman ini juga memiliki gazebo yang cocok dijadikan area bersantai sambil menikmati udara sekitar yang asri.

Taman Wiluyo Puspo Yudho terletak di belakang Kantor Wali Kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Wiluyo Puspoyudo, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Selatan.

5. Taman Monpera

Taman Monumen Perjuangan Rakyat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Taman Monpera terletak di tepi pantai. Seperti taman pada umumnya, taman ini menyediakan tempat duduk, tanaman hias, area hiburan anak, bahkan restoran.

Jika kamu berkunjung ke Pantai Monpera, taman ini menjadi lokasi yang wajib kamu kunjungi karena suasananya yang asri dan sejuk. Taman Monpera terletak di Markasa Kodam VI Mulawarman, Jalan Jenderal Soedirman Nomor 1 Klandasan Ulu, Kota Balikpapan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya