Gerakan Dukung Puan, Menunjukkan Jateng Bukan Milik Ganjar?

Deklarasi dukung Puan ini seperti untuk menunjukkan bahwa Jawa Tengah bukan milik Ganjar.

oleh Edhie Prayitno IgeFelek Wahyu diperbarui 25 Okt 2022, 14:22 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2022, 14:22 WIB
Deklarasi puan
Sejumlah aktivis GMPN mendeklarasikan dukungan untuk Puan Maharani, PDIP bingung? (Foto: liputan6.com/Felek Wahyu)

Liputan6.com, Semarang - Walaupun PDI Perjuangan (PDIP) belum menentukan calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan diusung.

Dukungan masyarakat terhadap Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai calon Presiden pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 (Pilpres) terus muncul

Dari ujung timur wilayah NKRI, tepatnya di Kabupaten Boven Digul, Provinsi Papua, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Garda Puma, sebuah organisasi sayap dibawah naungan GPMN, menggelar kegiatan deklarasi pelantikan pengurus dan menyatakan dukungannya terhadap Puan Maharani sebagai calon Presiden pada Pilpres 2024.

Dari ujung timur Indonesia, Boven Digul bersama dengan segenap pengurus DPD dari seluruh wilayah Indonesia yang menyatakan dukungannya terhadap Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai Calon Presiden di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024. Mereka siap menjadi ujung tombak masyarakat kecil.

Hermanus menjelaskan jika kehadiran Garda Puma di berbagai daerah merupakan bentuk partisipasi politik masyarakat yang secara terbuka mendukung Puan Maharani untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.

"Kami melihat figur ibu Puan Maharani bisa mempersatukan Indonesia dari wilayah ujung barat hingga ke timur Indonesia. Selain kinerja beliau yang baik sebagai Ketua DPR RI, tentunya kita masyarakat kecil juga memiliki ikatan sejarah dengan Bung Karno yang pernah dibuang Belanda ke Buven Digul bersama para tokoh pendiri bangsa ini," jelas Hermanus.

Di lain tempat, DPD GPMN Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, menggelar acara deklarasi pada Jumat (22/10/2022). Kegiatan deklarasi disertai pelantikan jajaran pengurus DPD GPMN Kabupaten Pemalang oleh Sekretaris DPW GPMN Jawa Tengah Eko Setiawan.o

Ia berharap pengurus yang baru dilantik juga membentuk kepengurusan hingga tingkat Kecamatan (Dewan Pengurus Cabang/DPC). Menurutnya, dukungan masyarakat terhadap Puan Maharani, khususnya di wilayah Jawa Tengah, semakin bermunculan.

Menurutnya, fenomena ini perlu direspon oleh GPMN yang selama 2 tahun lebih konsisten menyuarakkan dukungannya terhadap Puan Maharani sebagai Calon Presiden di Pilpres 2024.

Ketua DPD GPMN Kabupaten Pemalang Nurbainingsih mengungkapkan kehadiran GPMN di Kabupaten Pemalang bukan hanya sekedar organ relawan yang mendukung Puan Maharani, tetapi lebih dari itu. GPMN Kabupaten Pemalang akan bersinergi dengan pemerintah daerah dan stakeholders terkait dalam pelaksanaan program-program yang memberdayakan masyarakat.

 "GPMN bisa mengambil peran dalam mengoptimalkan kerja-kerja para anggota legislatif yang menampung aspirasi masyarakat dan pelaksanaan program-program sosial kemasyarakatan,"terang dia.

Ketua Umum GPMN Daddy Palgunadi menjelaskan bahwa kegiatan deklarasi dan pelantikan pengurus GPMN di berbagai daerah akan terus dilakukan.

"Dalam beberapa minggu ke depan beberapa daerah lain akan menggelar deklarasi seperti di Lampung, Brebes, Sulawesi Barat dan Maluku," terang Daddy.

Kegiatan deklarasi dan pengurus GPMN serta pengurus di organ sayap adalah bukti kesiapan perangkat organisasi GPMN untuk teurs menyuarakan dukungan terhadap Puan Maharani, sekaligus merespon dukungan yang muncul dari masyarakat umum. Daddy optimis bahwa dukungan ini akan semakin banyak muncul memasuki tahun 2023 mendatang. Oleh karena itu, kegiatan deklarasi dan pelantikan pengurus menjadi satu agenda rutin yang akan digelar oleh GPMN.

"Kami memang yakin bahwa Puan Maharani adalah figur yang tepat untuk didukung dan dimenangkan. Selain track record-nya yang jelas dalam ranah eksekutif dan legislatif, Puan Maharani adalah figur pemersatu yang bisa diterima oleh segala lapisan masyarakat," tutup Daddy.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya