Lindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari, Yuk Kenali Tiga Jenis Sunscreen Ini

Meski memiliki manfaat utama yang sama, ketiga jenis sunscreen tersebut juga memiliki beberapa perbedaan

oleh Switzy Sabandar diperbarui 01 Nov 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2022, 09:00 WIB
Tips Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Biar Makin Flawless dan Bebas Kilap
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Yogyakarta - Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu komponen penting yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat mengakibatkan tanda penuaan pada kulit.

Tak hanya digunakan saat beraktivitas di luar ruangan, penggunaan sunscreen juga dibutuhkan saat di dalam ruangan. Sementara itu, terdapat tiga jenis sunscreen yang banyak beredar di pasaran.

Meski memiliki manfaat utama yang sama, ketiga jenis sunscreen tersebut juga memiliki beberapa perbedaan. Yuk, simak perbedaan ketiga sunscreen berikut:

1. Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen atau organic sunscreen bekerja setelah 15-20 menit usai pemakaian. Sunscreen jenis ini bekerja dengan cara menyerap, menguraikan, kemudian melepaskan sinar matahari melalui kulit.

Chemical sunscreen memiliki tekstur yang ringan dan tidak menimbulkan white cast atau efek keputihan pada kulit. Jenis ini disebut cocok untuk pemilik kulit kombinasi yang cenderung berminyak.

2. Physical Sunscreen

Physical sunscreen juga sering disebut sebagai mineral sunscreen. Jenis sunscreen yang satu ini cocok digunakan bagi pemilik kulit kering maupun sensitif.

Berbeda dengan chemical sunscreen, physical sunscreen biasanya akan menimbulkan efek putih (white cast) pada wajah yang dapat membuat warna kulit terlihat tidak merata. Namun, biasanya efek tersebut hanya terjadi beberapa saat.

Physical sunscreen memiliki tekstur yang tebal dan akan aktif bekerja setelah digunakan. Sunscreen jenis ini bekerja dengan cara memantulkan sinar matahari dari kulit.

3. Hybrid Sunscreen

Hybrid sunscreen merupakan gabungan antara chemical dan physical sunscreen. Sunscreen jenis ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Hybrid sunscreen memiliki tektur yang ringan layaknya chemical sunscreen, tetapi memiliki cara kerja layaknya physical sunscreen. Kandungan dalam hybrid sunscreen pun memiliki kesamaan dengan chemical dan physical sunscreen.

(Resla Aknaita Chak)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya