Pelindo Siap Sukseskan Multilateral Naval Exercise Komodo IV di Makassar

Multilateral Naval Exercise Komodo IV di Makassar akan mengundang ratusan peserta Angkatan Laut dari negara-negara sahabat dengan materi latihan nonwar-fighting.

oleh Ahmad Yusran diperbarui 19 Jan 2023, 15:16 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2023, 15:07 WIB
Pelindo siap sukseskan Multilateral Naval Exercise Komodo IV di Makassar (Liputan6.com/Ahmad Yusran)
Pelindo siap sukseskan Multilateral Naval Exercise Komodo IV di Makassar (Liputan6.com/Ahmad Yusran)

Liputan6.com, Makassar - Dijuluki sebagai poros maritim nasional dan mempunyai perairan yang luas, selat Makassar dipilih menjadi lokasi latihan Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo ke-IV yang agendanya akan dihelat Juni 2023 mendatang.

Segala kesiapan pun telah dilakukan terkait implementasi dari tugas pokok TNI Angkatan Laut. Seperti dalam bidang diplomasi dan militer yaitu dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) bersama dengan Angkatan Laut negara sahabat dalam aksi penanggulangan bencana alam, bantuan kemanusiaan serta ancaman bersama aspek maritim.

Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Deny Prasetyo dalam kunjungan kerjanya di menara Pelindo Regional 4 di Makassar, Selasa 17 Januari 2023 menyampaikan sejumlah hal terkait agenda selat Makassar dipilih menjadi lokasi latihan Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo ke-IV yang melibatkan sejumlah kementerian terkait, pemerintah daerah, dan komunitas maritim.

Deny Prasetyo mengatakan, latihan bersama multilateral ini akan mengundang ratusan peserta Angkatan Laut dari negara-negara sahabat dengan materi latihan nonwar-fighting. Division Head Teknik Pelindo Regional 4, Debby Duakaju mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan dan siap bekerja sama selama agenda MNE Komodo ke-IV berlangsung di kota Makassar.

“Untuk menunjang kelancaran kegiatan MNE Komodo ke-IV direncanakan menggunakan sisi selatan Dermaga Hatta di TPK New Makassar I sepanjang 90 meter, dimana dermaga tersebut akan disterilkan selama kegiatan berlangsung,” beber Debby.

Selama lima hari kegiatan berlangsung yaitu dari tanggal 5 hingga 10 Juni 2023 mendatang, dipastikan juga kegiatan operasional di TPK New Makassar I tidak akan terganggu karena akan menggunakan gate 4 sebagai akses keluar masuk.

“Intinya Pelindo akan mendukung kegiatan MNE Komodo ke-4 yang akan berlangsung di Kota Makassar nanti,” tukasnya.

Sementara itu Deputy General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Ichdinas Efendy menerangkan bahwa Dermaga Hatta di TPK New Makassar I sudah diklaim ISPS Code.

ISPS Code atau International Ship and Port Security Code adalah suatu standar atau kriteria penilaian implementasi sistem manajemen pengamanan untuk kapal dan fasilitas pelabuhan.

Dengan demikian lanjut dia, keamanan di Dermaga Hatta TPK New Makassar I sudah terjamin. Tak hanya itu, latihan bersama ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan menyiapkan kerangka kerja sama dalam menghadapi situasi krisis dalam bidang keamanan maritim dan HA/DR TNI AL. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya