5 Wisata Alam Unggulan Yogyakarta yang Eksotis, Cocok Buat Liburan Akhir Pekan

Wisata alam di Yogyakarta terdiri dari berbagai macam bentang alam, mulai dari pegunungan, pantai, hingga gua.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 17 Feb 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 10:00 WIB
Wisata Yogyakarta
Kawasan wisata Bukit Bintang di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan landmark tulisan Gunungkidul, salah satu lokasi favorit warga merayakan malam pergantian tahun. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Liputan6.com, Yogyakarta - Bukan rahasia lagi jika Yogyakarta menjadi tempat idaman bagi para wisatawan untuk menikmati liburan. Selain wisata berbasis budaya, Kota Pelajar ini juga memiliki destinasi wisata lain yang memesona.

Salah satu wisata yang cukup menarik adalah wisata alam yang eksotis. Mengutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, wisata alam di Yogyakarta terdiri dari berbagai macam bentang alam, mulai dari pegunungan, pantai, hingga gua.

Berikut lima rekomendasi destinasi wisata Yogyakarta tersebut:

1. Bukit Bintang 

Bukit Bintang merupakan tempat wisata malam Yogyakarta yang berada di kawasan Gunungkidul, tepatnya di pinggir jalan utama Yogyakarta-Wonosari. Tempat ini merupakan tempat wisata yang sangat cocok bagi para wisatawan yang mencari suasana di Yogyakarta dengan pemandangan yang indah sekaligus romantis.

Kamu bisa menghabiskan malam sambil menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama pasangan.

2. Bukit Pengilon 

Bagi para pencinta sunset atau matahari terbenam, wajib berkunjung ke Bukit Pengilon. Destinasi wisata ini terletak di kawasan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

Para wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam yang spektakuler berupa perbukitan. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan indahnya Pantai Selatan dari ketinggian. Lokasi ini juga menyediakan tempat untuk berkemah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Geblek Menoreh View

3. Geblek Menoreh View 

Geblek Menoreh View merupakan wisata alam yang menyajikan panorama sawah yang indah. Tempat ini juga memiliki tempat makan berupa angkringan khas Yogyakarta.

Angkringan di tempat wisata ini menyediakan berbagai menu dengan 10-15 macam nasi. Selain itu, juga terdapat beragam lauk-pauk, seperti sate, bakwan, tempe, dan lainnya.

4. Grojogan Pucung 

Grojogan Pucung juga menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ramai dikunjungi. Terletak di Kalipakem, Seloharjo, Bantul, air terjun di kawasan ini berada di tengah hutan belantara.

Lokasinya masih sangat asri dan belum terjamah aktivitas manusia. Suara gemericik air dan airnya yang mengalir stabil membuat lokasi ini menyajikan suasana yang sangat nyaman dan menenangkan.

5. Pantai Krokoh 

Pantai Krokoh masuk ke dalam daftar pantai yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Perpaduan antara bukit karang, hamparan ombak, dan pasir putih akan memberikan sensasi menyenangkan saat berkunjung ke pantai ini.

Pantai Krokoh berada di Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul. Pantai ini berjarak 93 kilometer dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 2 jam jika ditempuh dengan kendaraan bermotor.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya