Pertama Kali, F1 Powerboat Gelar 2 Pertandingan dalam 1 Hari, Terjadi di Danau Toba

Sesi kualifikasi putaran pertama F1 Powerboat di perairan Danau Toba yang dijadwalkan pada Sabtu, 25 Februari 2023, pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB, ditunda karena angin kencang yang berhembus di lokasi perlombaan, Balige, Kabupaten Toba.

oleh Reza Efendi diperbarui 26 Feb 2023, 10:57 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2023, 10:57 WIB
F1 Powerboat
F1 Powerboat Danau Toba 2023

Liputan6.com, Balige Sesi kualifikasi putaran pertama F1 Powerboat di perairan Danau Toba yang dijadwalkan pada Sabtu, 25 Februari 2023, pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB, ditunda karena angin kencang yang berhembus di lokasi perlombaan, Balige, Kabupaten Toba.

Kualifikasi dihelat Minggu (26/2/2023) pukul 08.00 WIB, dilanjutkan dengan 2 sesi pertandingan yakni pada pukul 12.00 WIB dan 15.00 WIB.

Direktur Marketing H2O Racing, Raimondo Di San Germano menjelaskan, 2 pertandingan dalam 1 hari, baru pertama kali terjadi di Indonesia. Kejadian ini, di sisi lain menjadi keuntungan tersendiri bagi Danau Toba.

"Kami ingin melakukan lebih banyak pertandingan, sehingga di banding menjalankan satu race, kami akan menjalankan dua race. Selamat bagi Danau Toba," ujar Raimondo.

Raimondo menjelaskan, pembalap melakukan persiapan dengan tidur lebih cepat, mengingat panjangnya pertandingan yang akan berlangsung. Para pembalap akan memberikan yang terbaik dan akan menghabiskan 1 minggu lagi untuk berlibur.

"Pertandingan akan menantang, tetapi tim kami adalah tim profesional. Mereka datang bukan untuk berlomba, tetapi untuk menang," tambah Raimondo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Ditanggapi Positif

F1 Powerboat Danau Toba
Pembalap F1 Powerboat uji coba rute di Danau Toba

Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Odo RM Manuhutu, menanggapi positif 2 kali penyelenggaraan pertandingan yang dilaksanakan.

"Mungkin ini tanda-tanda baik bagi Danau Toba, akan menjadi lokasi pariwisata yang baik. Harapan besarnya, Danau Toba menjadi kawasan pariwisata premium, dan teman-teman UIM sudah mempunyai komitmen untuk menjalankan lima tahun ke depan," jelas Odo.

Pihak InJourney yang diwakili Maya Watono selaku Direktur Marketing, menjelaskan, kecepatan kapal pada babak kualifikasi mencapai 215 km/jam.

"Namun harus ditunda karena ombak dan angin yang cukup besar. Kualifikasi dimulai pukul 08.00 WIB, dilanjutkan hit race dua kali, masing-masing berdurasi 30 menit. Ini adalah opsi terbaik, jadi memang kita harus melihat cuaca dan bekerja dengan alam," sebut Maya.


Berharap Muncul Pembalap Indonesia

F1 Powerboat Danau Toba
F1 Powerboat Danau Toba

Pihak Ikatan Motor Indonesia selaku affiliate UIM di Indonesia yang diwakili oleh Bagus Hermanto merasa bangga dan berharap akan muncul pembalap F1 Powerboat dari Indonesia.

"Semoga, nantinya ada pembalap dari Indonesia untuk berlaga. Sepertinya keputusan ini adalah yang terbaik," ucap Bagus.

Pada hari ini, masyarakat dan penonton dapat menikmati rangkaian pertandingan sejak pagi hingga malam. Selain kualifikasi dan hit race, akan ada hiburan bagi masyarakat, yakni penampilan artis lokal seperti Lea Simanjuntak, water attraction, dan demo seaplane.

Ditambah, menyaksikan 2 kali pertandingan F1 Powerboat dan melihat 2 podium kemenangan, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya