Menikmati Gunung Latimojong, Gunung Tertinggi di Sulawesi Selatan

Tak seperti gunung berapi lain di Indonesia, wilayah Gunung Latimojong Enrekang dipenuhi oleh hutan tipe montana.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 30 Apr 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2023, 05:00 WIB
Potret Seru Raline Shah Jalani Wisata di Pegunungan Karst Rammang-Rammang
Sebelum mengunjungi Rammang-rammang yang berada di Kabupaten Maros, sebelumnya Raline Shah baru saja mendaki gunung Latimojong. Gunung yang berada di Kabupaten Enrekang ini juga memiliki pemandangan indah dan menarik untuk pecinta alam. (Liputan6.com/IG/@ralineshah)

Liputan6.com, Makassar - Gunung Latimojong merupakan salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Selatan dan menjadi salah satu dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia atau 'the seven summits of Indonesia'.

Tak hanya satu, gunung ini memiliki beberapa puncak. Puncak atau titik tertinggi gunung ini bernama Puncak Rante Mario atau Buntu Rante Mario dengan ketinggian mencapai 3.430 mdpl.

Mengutip dari indonesiakaya.com, setidaknya terdapat tujuh puncak di gunung ini. Selain Buntu Rante Mario, juga ada Buntu Nenemori, Buntu Sinaji, Buntu Sikolong, Buntu Rante Kambola, Buntu Bajaja, dan Buntu Latimojong.

Tak seperti gunung berapi lain di Indonesia, wilayah Gunung Latimojong Enrekang dipenuhi oleh hutan tipe montana. Karakteristik hutan ini adalah tumbuh di wilayah dengan ketinggian 2.000 hingga 3.000 mdpl. Tak jarang, para pendaki akan bertemu dengan dengan babi rusa dan anoa di hutan tersebut.

Sementara itu, bagi para pencinta alam yang ingin mendaki Gunung Latimojong bisa memulai titik pendakian dari Desa Karangan. Terdapat sungai air jernih berukuran cukup besar yang bernama Salu Karangan.

Penduduk setempat juga biasanya menyewakan jasa porter bagi para pendaki. Para pendaki juga bisa menuju titik pendakian dengan menggunakan truk yang sering digunakan warga Desa Karangan untuk berbelanja.

Terdapat tujuh pos peristirahatan di sepanjang jalur pendakian yang bisa digunakan para pendaki untuk beristirahat dan mendirikan tenda sebelum mencapai puncak tertinggi. Setelah melewati pos tujuh, vegetasi mulai berubah dan pohon-pohon tinggi mulai berkurang, sehingga pemandangan lebih jelas terlihat.

Selain itu, pendaki juga akan bertemu tanah lapang dengan jalanan bercabang. Cabang tersebut mengarahkan pendaki ke dua titik berbeda, yakni menuju Rante Mario dan Nenemori.

Saat sampai di puncak Rante Mario, pendaki bisa melihat hamparan lautan awan yang mengelilingi Gunung Latimojong. Puncak-puncak lain dari gunung ini juga akan terlihat sangat indah dari atas puncak.

Pada puncak tertinggi Gunung Latimojong, terdapat sebuah tugu triangulasi. Tugu yang bertuliskan 'Puncak Rante Mario' tersebut berada di tengah-tengah lahan yang cukup datar.

(Resla Aknaita Chak)

Simak Video Pilihan Ini:

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya