Cocok untuk Melepas Penat, Ini 8 Tempat Kamping di Magelang

Berikut beberapa rekomendasi tempat kamping Magelang.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 11 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 06:00 WIB
wisata magelang
Gereja Ayam yang hits sejak film Ada Apa Dengan Cinta 2 (sumber: wikipedia.org)

Liputan6.com, Magelang - Bagi pencinta alam, salah satu aktivitas berwisata yang bisa dilakukan di akhir pekan adalah camping. Aktivitas yang dilakukan di alam terbuka ini dapat menyegarkan pikiran.

Ternyata, Magelang memiliki beberapa lokasi yang cocok dijadikan area kamping (camp ground). Berikut beberapa rekomendasi tempat camping Magelang:

1. Mangli Sky View

Mangli Sky View berlokasi di Area Sawah, Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Sambil menikmati kamping bersama teman-teman, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Andong yang menawan.

Selain itu, juga tampak beberapa gunung kecil, termasuk Gunung Telomoyo. Hal menarik lainnya adalah di sekitar lokasi terdapat ladang pertanian, salah satunya kebun sayuran.

2. Nirwana Loka Jaya

Nirwana Loka Jaya berlokasi di Jalan Salaman-Pancar, Pancar 2, Ngampeldento, Salaman, Kabupaten Magelang. Lokasi ini merupakan salah satu camping ground populer yang selalu ramai saat akhir pekan.

Tempat wisata Magelang ini juga terdapat pasar tradisional, pertunjukan seni budaya, hingga tempat bersantai. Bagi para pengunjung yang ingin kamping, pihak pengelola juga menyediakan jasa penyewaan tenda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Randu Ijo

3. Randu Ijo

Randu Ijo berlokasi di Dusun 4, Tegalrandu, Srumbung, Kabupaten Magelang. Area perkemahan ini dikelilingi hutan pinus. Fasilitas lain dari tempat ini adalah adanya sungai yang jernih, tempat makan, kolam pemandian, serta mushola.

4. Silancur Highland

Silancur Highland berlokasi di Dadapan, Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Dari tempat ini, pengunjung bisa kamping sambil melihat pesona Gunung Sumbing di sisi barat dan Gunung Merapi di sisi timurnya.

5. Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero

Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero berada di Dusun 4, Ngargosoko, Srumbung, Kabupaten Magelang. Destinasi wisata ini menyediakan outbound dan camping ground, track downhill, wall climbing, hingga jeep offroad.

6. Taman Wisata & Camping Ground Watu Nganten

Taman Wisata & Camping Ground Watu Nganten berada di Ngentak, Sawangan, Kabupaten Magelang. Selain kamping, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Sungai Pabelan. Bukan itu saja, tempat ini juga menawarkan wahana lainnya, seperti kolam terapi ikan, tangkap ikan baby koi, hingga kolam renang alami.

7. Wisata Alam Bukit Grenden

Wisata Alam Bukit Grenden berada di lereng Gunung Merbabu. Saat pagi dan sore hari, kawasan ini akan dipenuhi dengan kabut.

Lokasi ini memiliki area kamping yang cukup luas. Selain itu, juga ada beberapa spot foto menarik, seperti menara kursi, rumah terbalik, bulan sabit, menara pohon, rumah kurcaci, tebing batu rembetan, hingga ayunan.

8. Wisata Alam Telomoyo

Wisata Alam Telomoyo yang berlokasi di Jalan Dalangan RT 2/RW 2, Hutan, Pandean, Kabupaten Magelang, ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk kamping. Selain udaranya yang sejuk, lokasi ini juga menawarkan pemandangan empat gunung yang menawan, yakni Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya