Kelenteng Kong Fuk Miau, Kelenteng Pertama di Kota Muntok

Bangunan Kelenteng Kong Fuk Miau ini masih tergolong baik dan kokoh.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 20 Mei 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2023, 18:00 WIB
Wisata di Babel
Sebanyak 98 objek dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diusulkan untuk ditetapkan sebagai cagar budaya atau situs.

Liputan6.com, Bangka - Kelenteng Kong Fuk Miau berlokasi di Jalan Jend A Yani Nomor 1, RT 003/RW 005, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Kelenteng ini merupakan kelenteng China pertama di Kota Muntok.

Mengutip dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, kelenteng ini didirikan pada 1820 oleh orang-orang China dari Suku Kuantan dan Fu-Kien. Pembangunan kelenteng ini terjadi pada masa Mayor Tjung A Thiam.

Selanjutnya, pada Februari 1977, kelenteng ini pernah mengalami perbaikan. Bangunan Kelenteng Kong Fuk Miau ini masih tergolong baik dan kokoh.

Bangunan yang masih difungsikan sebagai sarana ibadah ini merupakan kompleks bangunan yang dikelilingi oleh pagar tembok. Terdapat pintu gerbang di sebelah timur.

Adapun di halaman kompleks ini terdapat tiga bangunan, yakni bangunan kelenteng sebagai bangunan utama serta dua bagunan lain yang berfungsi sebagai kantor Yayasan Tulus Bhakti. Bangunan kelenteng Babel ini berada di tengah dan diapit oleh dua bangunan kantor yang terletak di sebelah utara.

Sementara, di sebelah selatan terdapat tempat peristirahatan pengunjung. Selain itu, juga ada dua pagoda bertingkat tujuh pada halaman depan dekat pintu gerbang (sisi timur laut dan tenggara).

Bangunan kelenteng ini berbentuk persegi panjang dengan atap pelana (saddleback-roof) dan menghadap ke arah timur. Pada bagian serambi, yakni tepat di depan pintu masuk, terdapat altar pemujaan (meja abu) dan wadah berkaki tiga yang diapit oleh dua arca harimau.

Pada bagian atas dan samping pintu bangunan ini terdapat tulisan-tulisan China. Sementara bagian serambinya ditopang oleh dua tiang bulat yang dililit naga.

Tak jauh dari kelenteng, berdiri kokoh Masjid Jami' Muntok yang hanya dibatasi oleh jalan raya kecil. Keberadaan kedua bangunan ini menjadi simbol kerukunan beragama di Bangka Belitung.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya