Menyaksikan Pesona Keindahan Alam Gunung Karangetang Sulawesi Utara yang Tengah Berpijar

Warna merah menyala dari lava yang memancarkan cahaya di tengah kegelapan malam menambahkan keajaiban alam yang luar biasa di Gunung Karangetang

oleh Panji Prayitno diperbarui 08 Jul 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2023, 06:00 WIB
Menyaksikan Pesona Keindahan Alam Gunung Karangetang Sulawesi Utara
Gunung Karangetang di Kabupaten Sitaro, Sulut, menunjukan adanya peningkatan aktvitas.

Liputan6.com, Jakarta - Pesona wisata alam Indonesia tak lepas dari daerah pegunungan dan laut. Ragam keindahan bisa dilihat dan dinikmati pengunjung saat berlibur ke gunung.

Salah satunya Gunung Karangetang yang dikenal sebagai salah satu gunung berapi di Indonesia yang masih aktif. Gunung Karangetang berada di Pulau Siau Provinsi Sulawesi Utara.

Dirangkum dari berbagai sumber, Gunung Karangetang Sulawesi Utara itu mengeluarkan serangkaian letusan yang cukup besar dalam beberapa dekade terakhir.

Meskipun aktivitas vulkaniknya yang sering, Gunung Karangetang menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Namun, salah satu daya tarik utamanya adalah lava yang mengalir turun dari puncak gunung. Saat lava mengalir, ia menciptakan pemandangan yang spektakuler dan memesona.

Warna merah menyala dari lava yang memancarkan cahaya di tengah kegelapan malam menambahkan keajaiban alam yang luar biasa. Selain lava, Gunung Karangetang juga memiliki keindahan alam lainnya.

Anda dapat menikmati pemandangan panorama pegunungan yang menakjubkan dan udara segar yang sejuk. Dataran tinggi di sekitar gunung ini dihiasi oleh hamparan hutan hijau yang memikat mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Flora dan Fauna

Anda juga dapat menjumpai beragam flora dan fauna endemik yang hidup di sekitar kawasan tersebut. Saat ini, aktivitas Gunung Karangetang masih tinggi, lahar yang keluar dari gunung karangetang menutupi keindahannya.

Aliran material vulkanik yang terdiri dari batuan, lumpur, dan air yang bergerak dengan kecepatan tinggi dari gunung berapi. Gunung Karangetang juga dikenal dengan aktivitas lahar yang terkait dengan letusannya.

Lahar gunung dapat sangat merusak, menghancurkan struktur bangunan, jembatan, dan jalan, serta mengubur daerah sekitarnya di bawah material vulkanik yang berat. Bahkan, lahar yang besar dapat mengancam keselamatan jiwa manusia jika mereka berada di jalur aliran lahar.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya