Ini 10 Hal Wajib yang Perlu Diketahui Tentang Kucing

kucing memiliki beberapa hal yang unik dan jarang diketahui semua orang, apa saja?

oleh Dewi Divianta diperbarui 15 Jul 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2023, 07:00 WIB
6 Potret Kucing Saat Tidur di Pohon Ini Bikin Gemas
Kucing tidur di pohon (Sumber: Twitter/uwucuteables)

Liputan6.com, Jakarta - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sering dipelihara masyarakat luas, bahkan tak sedikit saat ini ada komunitas yang concern terhadap kucing-kucing liar. Selain lucu kucing juga memiliki hal-hal unik yang jarang diketahui oleh orang banyak.

Dari Gramedia.com, Liputan6.com merangkum 10 hal unik yang harus diketahui, apalagi bagi para cat lovers (pecinta kucing), berikut ulasannya:

1. Mandi atau Hilangkan Parasit

Kucing sering menjilati seluruh tubuhnya menggunakan lidahnya, mungkin untuk sebagian orang hal itu biasa saja. Tapi, aksi kucing menjilati tubuhnya itu adalah dia tengah membersihkan kotoran dan parasit. Tak hanya itu kucing akan menjilati tubuhnya ketika suhu badannya panas, sehingga suhu badannya tetap normal. 

2. Lidah Bergerigi

Lidah kucing bergerigi atau berbentuk duri-duri kecil, seperti dikutip dari situs Science Focus disebut duri-duri yang terletak pada lidah kucing berguna sebagai papila filiformis atau indra pengecap rasa dan suhu. Posisi duri pada lidah kucing menghadap ke belakang juga berfungsi sebagai sisir saat mandi atau menjilati bulu serta membantu kucing ketika minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Habiskan Waktu Tidur

ilustrasi kucing menguap
Ilustrasi/Copyright unsplash/Wren Meinberg

3. Kucing Bisa Berkeringat

Kucing memiliki kelenjar keringat di bawah bantalan kakinya, hal itu yang membuat kucing mengeluarkan keringat melalui cakarnya. Perhatikan cakar dan telapak kaki kucing yang basah akan keringatnya ketika cuaca sedang panas.

4. 70 Persen Waktu Dihabiskan untuk Tidur

Kucing menghabiskan 70 persen masa hidupnya untuk tidur, maka tak heran jika kita melihat kucing bisa tidur 15-20 jam setiap harinya, sehingga cuma dalam 4 jam kucing beraktivitas di antaranya makan, minum, buang air besar, buang air kecil, dan sesekali berburu binatang kecil atau bermain.

5. Lama Kucing Hidup 15 Tahun

Lama kucing hidup di dunia mencapai 15 tahun, namun ada satu kucing tertua di dunia yang berumur hingga 35 tahun lebih tiga hari di Amerika Serikat.  Kucing tersebut bernama Creme Puff tercatat di The Guinness World Records yang pernah hidup dari tahun 1967 hingga 2005.

Pemilik Creme Puff merawat kucingnya tersebut dengan sangat baik, di mana diketahui rahasia umur panjang pada kucing itu adalah dengan mengkonsumsi daging asap, telur, asparagus, dan brokoli.


Jago Lari dan Panjat Pohon

6 Potret Kucing Panjat Pohon Ini Ekspresi Lucu Banget
6 Potret Kucing Panjat Pohon Ini Ekspresi Lucu Banget (sumber: Twitter/virgowinatha 1cak)

6. Merasakan Emosi Manusia

Kucing akan menghampiri pemiliknya ketika tengah bersedih dan menghiburmu, kucing bisa memahami emosi manusia mulai dari saat sedih, senang, dan marah. Tak heran banyak ditemukan kisah-kisah menarik antara kucing dan manusia yang mengharukan.

7. Bisa Melihat dalam Suasana Gelap

Kucing yang dikenal sebagai hewan pemalas itu juga memiliki kelebihan, yakni tetap bisa melihat dan berjalan santai ketika suasana gelap gulita. Bahkan dalam keadaan gelap pun kucing bisa menangkap mangsanya.

8. Bisa Meloncat 6 kali Panjang Badan

Kucing bisa meloncat sejauh 6 kali ukuran badannya, semisal panjang kucing 65 centimeter (cm) berarti ia bisa meloncat sejauh 390 cm. Kucing juga dikenal dengan miniatur harimau yang suka memanjat pohon.

9. Hilangkan Stres

Ketika kucing peliharaan tengah tidur akan terdengar suara dengkuran kucing bisa menjadi obat stres dan memperkuat tulang manusia. Selain itu, juga bisa membantu meringankan penyakit sesak nafas yang diderita anak fakta ini bisa dibuktikan ketika anak tidak memiliki alergi bulu.

10. Hewan Mandiri

Tak hanya tipe hean bersih, namun kucing adalah hewan mandiri yang bisa dirinya terpisah dari kawanannya. Kucing membutuhkan kecerdasan dan kecerdasan itu yang dapat membantu ia bertahan hidup, berjuang, berburu, dan menikmati dunianya. Tapi, perlu diingat sifat ini tidak mutlak lantaran banyak kucing rumahan yang sangat tergantung kepada pemiliknya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya