Ini 5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Magelang dalam Satu Hari

Berikut lima aktivitas seru yang bisa dilakukan di Magelang dalam waktu satu hari

oleh Switzy Sabandar diperbarui 26 Agu 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2023, 08:00 WIB
Gunung Andong
Meski dianggap hanya untuk pendaki pemula, Gunung Andong menyajikan hamparan pemandangan puncak yang menakjubkan. (Liputan6.com/ Andi Jatmiko)

Liputan6.com, Magelang - Magelang menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang cukup lengkap. Terdapat wisata sejarah, wisata alam, wisata buatan, hingga wisata kuliner di Magelang.

Banyaknya destinasi wisata Magelang ternyata bisa dinikmati secara singkat dalam satu hari penuh. Tanpa perlu mengambil cuti panjang, pengunjung tetap bisa menikmati serunya liburan di Magelang.

Mengutip dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, berikut lima aktivitas seru yang bisa dilakukan di Magelang dalam waktu satu hari:

1. Berburu sunrise di Gunung Andong

Memulai pagi hari di Magelang bisa dilakukan dengan menikmati pesona sunrise. Salah satu tempat berburu sunrise terbaik di Magelang adalah di Gunung Andong.

Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini menyajikan pesona matahari terbit atau sunrise yang luar biasa. Selain panorama matahari terbit, Gunung Andong juga memiliki lanskap luar biasa.

Tak tanggung-tanggung, wisatawan bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo sekaligus dari sini. Terpenting, Gunung Andong cukup ramah untuk pendaki pemula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kuliner

2. Menyantap tahu kupat

Setelah puas menikmati keindahan alam dari puncak Gunung Andong, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berburu seporsi tahu kupat. Tahu kupat menjadi salah satu kuliner wajib saat berkunjung ke Magelang.

Sesuai namanya, kuliner ini didominasi irisan ketupat serta tahu dalam setiap penyajiannya. Sebagai tambahan, ada irisan bakwan, kol, taoge, seledri, serta taburan bawang goreng dan kacang goreng.

Campuran bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah kacang yang lezat. Sajian ini memiliki cita rasa gurih dan manis.

Tahu kupat juga sangat mudah ditemukan di berbagai sudut Magelang, salah satunya di Tahu Kupat Pak Pangat yang berada di Jalan Panembahan Senopati nomor 41, Kecamatan Magelang Selatan. Warung ini loksinya dekat dengan SMAN 4 Magelang. 

3. Menjelajah Alun-Alun Kota Magelang

Setelah menikmati seporsi tahu kupat, kamu bisa melanjutkan liburan dengan mampir ke Alun-Alun Magelang. Alun-alun Magelang memiliki sejumlah keunikan, salah satunya keberadaan patung Pangeran Diponegoro menaiki kuda.

Patung ini dibangun untuk menghargai jasa sang Pangeran saat mengusir penjajah di Magelang. Selain itu, juga terdapat bangunan yang tak kalah ikonik yaitu menara air.

Dahulu, bangunan peninggalan Belanda ini dimanfaatkan untuk menyediakan kebutuhan air bersih di Kota Magelang. Kini, air tersebut dimanfaatkan PDAM untuk menyediakan air bersih di sekitar alun-alun. 

4. Berwisata ke Candi Mendut dan Candi Pawon

Setelah menjelajahi Alun-Alun Magelang, kamu bisa melanjutkan wisata menuju kompleks candi di Magelang. Wisata di Magelang memang tidak bisa dipisahkan dari candi, terutama Candi Borobudur.

Tak hanya Candi Borobudur, kamu juga bisa mengunjungi Candi Mendut dan Candi Pawon. Lokasi kedua candi ini tidak begitu jauh dari Candi Borobudur.

Candi Mendut dan Candi Pawon sama-sama bercorak Buddha. Masing-masing candi ini memiliki keunikan tersendiri.

Candi Mendut memiliki pohon Dewata (Ficus sp) yang sangat rimbun serta batu-batu reruntuhan. Sementara Candi Pawon berada di tengah-tengah kompleks perkampungan warga.

5. Mendaki Bukit Dagi

Jika kamu tetap ingin ke Candi Borobudur, kamu bisa mencari spot lain ke Bukit Dagi. Spot ini termasuk jarang disambangi pengunjung candi.

Bukit Dagi berada di ketinggian 275 mdpl. Butuh waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk bisa sampai ke puncak Bukit Dagi. Akses ke Bukit Dagi sangat mudah karena pengunjung hanya perlu menaiki tangga.

Saat berada di Bukit Dagi, pengunjung dapat menikmati kemegahan Candi Borobudur dari sudut lain. Candi Borobudur tampak semakin indah karena dikelilingi pegunungan di sekitarnya. Bukit Dagi menjadi lokasi tepat untuk menutup liburan satu hari di Magelang.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya