Kebun Teh Cikuya Lebak, Tempat Wisata yang Instagramable

Kebun teh adalah lahan pertanian yang secara khusus diolah untuk menanam tanaman teh, yang merupakan tumbuhan perdu berdaun hijau gelap. Di kebun teh, tanaman teh tumbuh dalam bentuk perkebunan yang teratur dan terawat dengan baik.

oleh Putri Anastasia Bangalino Suryana diperbarui 06 Sep 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi kebun teh
Ilustrasi kebun teh (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Lebak - Provinsi Banten memiliki banyak tempat wisata, salah satunya adalah kawasan kebun teh seperti Kebun Teh Cikuya di Lebak, Banten. Hanya sedikit orang yang mengetahui kawasan Kebun Teh Cikuya ini karena tersembunyi di balik perbukitan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Kebun Teh Cikuya yang dikelola oleh PT Harendong Green Farm ini telah beroperasi sejak tahun 2006. Kawasan ini tergolong baru, namun kualitasnya sudah diakui dunia sebagai teh terbaik di dunia. Gelar sebagai penghasil teh terbaik tersebut berhasil diraih pada kompetisi teh bergengsi global, Global Tea Championship di Amerika Serikat.

Dinamakan Cikuya, yang diambil dari nama tempat di mana kebun teh ini berada yaitu di Desa Cikuya, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Lokasinya sekitar 140 km dari Rangkasbitung, di mana pengunjung dapat menggunakan mobil hingga jembatan, kemudian dilanjutkan dengan menyewa kendaraan roda dua.

Kebun teh ini terletak di dataran tinggi, 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan luas areal budidaya sekitar 30 hektare.

Teh yang ditanam di kawasan ini memiliki jenis Camellia Sinesis, salah satu jenis teh mahal yang berkualitas tinggi. Camellia sinensis merupakan tanaman yang ekstrak daunnya dapat dibuat menjadi berbagai macam teh. Beberapa di antaranya adalah teh hitam, teh hijau, teh putih, teh oolong, dan teh pu-er.

Tanaman teh ini mengandung empat jenis senyawa kimia katekin yaitu epigallocationchin gallate (EGCG), epigallocationchin (EGC), epicatechin gallate (ECG) dan epicatechin (EC).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanaman Teh di Kebun Teh Cikuya

Katekin merupakan komponen yang bersifat pahit dan merupakan senyawa bioaktif yang berperan sebagai antioksidan. 

Teh yang diproduksi di perkebunan ini memiliki kualitas daun, kandungan air dan aroma yang luar biasa. Hal ini pula yang menjadi alasan terpilihnya sebagai juara kompetisi teh dunia. Karena kualitasnya, permintaan utama teh asal pedalaman Lebak berasal dari luar negeri, yakni diekspor ke Amerika, Jerman, Prancis, dan Jepang. Di dalam negeri produk teh ini kurang begitu populer, bahkan di daerah pun wahana ini sudah menggunakan merek lokal Teh Banten.

Berwisata ke kebun teh Cikuya di Cibeber Lebak Banten dapat dilakukan di biasa maupun hari libur. Tempat ini sangat indah dan dapat memberikan nuansa yang berbeda dari aktivitas sehari-hari.

Mengunjungi Kebun Teh Cikuya di Cibeber Lebak Banten sangat cocok untuk melengkapi aktivitas liburan, apalagi saat libur panjang seperti libur nasional atau hari libur nasional lainnya. 

Perkebunan teh Cikuya ini memiliki suasana yang sejuk tenang dan rindang, ada banyak juga spot foto Instagramable yang bisa dijadikan sebagai tempat kenangan bersama dengan orang tersayang.

Infografis Teh Artisan Lokal Gaet Pasar Kekinian
Infografis teh artisan lokal gaet pasar kekinian. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya