Profil Ebit Lew, Ustaz Asal Malaysia yang Dituding Melecehkan Mondy Tatto

Ustaz Ebit Lew baru-baru ini menjadi sorotan publik karena dugaan pelecehan kepada muridnya yaitu Mondy Tatto.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 22 Sep 2023, 17:57 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2023, 17:51 WIB
Mondy Tatto dan Ustaz Ebit Lew
Cuplikan Mondy Tatto dan Ustaz Ebit Lew, Sumber: Instagram @ebitlew

Liputan6.com, Bandung - Ustaz asal Malaysia, Ebit Lew tengah menjadi sorotan publik setelah terseret kasus dugaan pelecehan pada selebgram asal Indonesia Mondy Tatto. Kabar ini membuat banyak orang terkejut dan penasaran akan kebenarannya.

Selebgram Mondy Tatto sendiri dikenal sebagai seorang anak punk yang identik dengan tato yang berada di sekujur tubuhnya. Ia semakin dikenal setelah mulai berhijrah dan dipertemukan dengan Ustaz Ebit Lew.

Pengakuan Mondy Tatto pertama kali muncul saat ia diundang oleh seorang YouTuber dan rapper bernama Caprice. Dalam acara podcast yang diunggah pada Jumat (15/9/2023) tersebut, Mondy menceritakan kejadiannya.

Mondy bercerita jika sang ustaz terus berusaha untuk menyentuhnya sejak awal pertama bertemu. Ia juga menuding jika Ustaz Ebit Lew berusaha mengelus-elusnya dengan alasan menyentuh tato di pipinya.


Respons Ustaz Ebit Lew

6 Momen Ustaz Ebit Lew Asal Malaysia Beri Baju Muslim ke Anak Vespa di Pekanbaru
Momen Ustaz Ebit Lew asal Malaysia beri baju muslim ke anak vespa di Pekanbaru. (Sumber: Instagram/ebitlew)

Sementara itu, melalui akun Instagram pribadinya, Ustaz Ebit Lew menuliskan dalam unggahannya bahwa ia akan melanjutkan tudingan yang dialamatkan kepadanya. Ia juga telah membuat laporan pada pihak kepolisian terkait dugaan fitnah tersebut. 

Bismillah. Baru sampai dari Jeddah 12 malam tadi terus ke Balai Polis buat report mengenai fitnah-fitnah melampau yang langsung tidak berasas ke atas saya. Saya serahkan pihak polis untuk mengambil tindakan. Saya juga telah menyerahkan kepada pihak peguam saya untuk tindakan selanjutnya,” ujar Ustaz Ebit Lew.

Terpisah, Wakil Kepala Kepolisian Selangor Datuk S Sasikala Devi menyampaikan pihaknya akan melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Kepolisian Malaysia juga berencana untuk memanggil Mondy Tatto dan rapper Caprice untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

“Kami membutuhkan pernyataan dari mereka sebagai saksi atas kasus ini,” ujarnya mengutip dari Publica-news.com.


Profil Ustaz Ebit Lew

6 Momen Ustaz Ebit Lew Asal Malaysia Beri Baju Muslim ke Anak Vespa di Pekanbaru
Momen Ustaz Ebit Lew asal Malaysia beri baju muslim ke anak vespa di Pekanbaru. (Sumber: Instagram/ebitlew)

Melansir dari beberapa sumber, Ustaz Ebit Lew mempunyai nama asli Lew Yun Pao atau nama lengkap Ebit Irawan bin Ibrahim Lew. Ia dikenal sebagai seorang ustaz kelahiran 21 Desember 1984 di Pahang, Malaysia.

Ebit Lew mendalami ilmu agama Islam sejak usia 12 tahun setelah ia memutuskan untuk menjadi mualaf. Saat ini, Ebit dikenal sebagai ustaz dan pendakwah yang sering memberikan seminar motivasi kekeluargaan di Malaysia.

Ia juga mempunyai pasar swalayan waralaba bernama Elewsmarat di Malaysia dan pertama kali gerainya dibuka di Bandar Baru Bangi, Bangi, Selangor. Ia juga membuat sebuah program bernama Food Bank untuk membagikan makanan gratis pada fakir miskin.

Namanya semakin dikenal warganet Indonesia setelah ia bertemu dengan anak punk bernama Mondy Tatto di Indonesia. Ia membantu Mondy untuk hijrah dan belajar agama Islam kepadanya.

Adapun baru-baru ini keduanya terlibat perseteruan yang menggemparkan publik di mana Ustaz Ebit Lew diduga melakukan pelecehan kepada Mondy Tatto.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya