Kabar Baik dari Bobby Nasution, Penghasilan Guru Honor Sekolah Negeri-Swasta di Medan Naik

Rasa bahagia bercampur haru terlihat jelas dari wajah ribuan guru honor yang hadir pada peringatan hari guru belum lama ini.

oleh Reza Efendi diperbarui 29 Nov 2023, 16:12 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2023, 16:12 WIB
Wali Kota Medan, Bobby Nasution
Wali Kota Medan, Bobby Nasution

Liputan6.com, Medan Rasa bahagia bercampur haru terlihat jelas dari wajah ribuan guru honor yang hadir pada peringatan hari guru belum lama ini.

Kebahagiaan yang terpancar dari wajah mereka itu dikarenakan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengatakan akan menaikkan penghasilan melalui Bantuan Kesejahteraan Guru (BKG) untuk guru honor sekolah negeri dan swasta di Kota Medan.

Diketahui, guru honor di lingkungan Pemko Medan (Guru PAUD/TK, SD dan SMP) selama ini mendapatkan insentif atau pertambahan penghasilan di luar gaji sebesar Rp 250 ribu per bulannya.

Mulai 2024, Bobby Nasution memastikan akan menaikkan insentif atau dana yang disebut BKG untuk honor sekolah negeri dan swasta tersebut menjadi Rp 400 ribu per bulan.

"Tambahan honor ini bakal berlaku mulai 2024. Naik dari Rp 250 ribu jadi Rp 400 ribu rupiah," kata Bobby, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Rabu (29/11/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pembayaran Dilakukan Setiap Bulan

Bobby Nasution
Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengatakan akan menaikkan penghasilan melalui Bantuan Kesejahteraan Guru (BKG) untuk guru honor sekolah negeri dan swasta di Kota Medan

Menariknya, Bobby Nasution juga minta agar pembayaran pencairan bantuan tersebut dilakukan setiap bulan, bukan per 3 bulan.

"Saya minta bantuan kesejahteraan honor ini disalurkan setiap akhir bulannya, bukan tiga bulan sekali," sebut suami Kahiyang Ayu itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Pemko Medan, Benny Sinomba Siregar, membenarkan hal tersebut.

"Selama ini setiap guru honor baik negeri maupun swasta yang berada di bawah naungan Disdik Pemko Medan yaitu guru SD dan SMP mendapatkan gaji pokok dari sekolah masing-masing," terangnya.


Bantuan Kesejahteraan Guru

Bobby Nasution
Peringatan Hari guru di Medan

Sedangkan, lanjut Benny, insentif atau atau pertambahan yang bakal dinaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, bernama Bantuan Kesejahteraan Guru.

"Insya Allah pada 2024 BKG itu yang akan dinaikan jumlahnya oleh Pak Wali. Dari Rp 250 ribu jadi Rp 400 ribu," sebutnya.

"Pak wali juga sudah instruksikan kepada kami agar pembayarannya dilakukan tiap bulan bukan per tiga bulan seperti sebelumnya," Benny menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya