Heboh Mike Tyson Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Faktanya

Petinju profesional Mike Tyson dikabarkan meninggal dunia. Berikut ini adalah fakta dari kabar tersebut.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 07 Des 2023, 15:36 WIB
Diterbitkan 07 Des 2023, 15:26 WIB
Mike Tyson
Seorang penumpang pesawat yang diduga mabuk babak belur dihajar Mike Tyson karena terus mengganggu (AFP)

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini warganet Indonesia dihebohkan dengan kabar meninggalnya atlet tinju profesional Mike Tyson. Faktanya, kabar tersebut tidak benar alias hoaks. Mike Tyson masih hidup hingga sekarang.

Kabar meninggalnya Mike Tyson sendiri berawal dari unggahan akun X (sebelumnya Twitter) bernama @Dee_Rose82. Melalui kicauan yang diunggah berisi sebuah video dan langsung mendapatkan respons yang heboh dari warganet.

“Turut berduka cita ya Yem @sagatinteng tlh berpulang ke Rahmatullah @MikeTyson. Semoga amal ibadahnya di terima Allah SWT,” tulisnya dalam keterangan video tersebut.

Sejumlah warganet juga menyampaikan bahwa kabar tersebut merupakan kabar tidak benar atau hoaks. Selain itu akun yang mengunggah kabar tersebut mulai memberikan klarifikasi serta meminta maaf jika berita sebelumnya tidak benar.

Assalamualaikum Warga Xland, aku minta maaf atas postingan yg sebelumnya mengabarkan bahwa @MikeTyson meninggal dunia, mohon maaf atas kecerobohan saya pribadi sebagai manusia,” tulisnya @Dee_Rose82.

Sebagai informasi, Mike Tyson dikenal sebagai atlet tinju profesional yang populer di beberapa negara. Saat ini, Mike Tyson telah berusia 57 tahun dan aktif membagikan kesehariannya di media sosial Instagram @miketyson.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Mike Tyson

PHOTO: Ini Dia Ragam Seni Tato Para Bintang Olahraga
Petinju kelas berat Mike Tyson menunggu untuk menimbang berat badan di Blackburn Center, Howard Univeristy, Washington DC (09/06/2005). (AFP PHOTO/Jim WATSON)

Melansir dari Britannica, Mike Tyson merupakan seorang atlet tinju kelahiran 30 Juni 1966 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Ketika berusia 20 tahun Mike Tyson menulis sejarah sebagai juara kelas berat termuda di dunia.

Mike Tyson sebelumnya menjadi anggota dari berbagai geng jalanan sejak usia dini dan akhirnya Tyson dikirim ke sekolah reformasi di bagian utara New York pada 1978. Di sekolah tersebut Mike bertemu dengan Booby Stewart.

Bobby merupakan pekerja sosial dan pecinta tinju yang mengenali potensi tinju yang ada di dalam Mike Tyson. Akhirnya ia mengarahkannya ke pelatih terkenal Cus D’Amato yang menjadi wali sahnya.

Mike Tyson mampu mengumpulkan rekor 24-3 sebagai seorang amatir dan menjadi profesional pada 1985.


D’Amato Mengajari Mike Tyson Gaya Tinju 'Peekaboo'

Mike Tyson
Mike Tyson. (AFP/James Gilbert)

Sebagai pelatih, D’Amato kemudian mengajari Mike Tyson dengan gaya tinju “Peekaboo” atau cilukba. Dengan tangan didekatkan ke pipinya dan gerakan terayun terus menerus di ring tinju dan membuat pertahanannya nyaris tidak bisa ditembus.

Dengan tinggi 5 kaki 11 inci (1,8 meter) dan berat badan sekitar 218 pon atau (99 kg) saat itu Mike Tyson yang bertubuh pendek dan jongkok serta tidak memiliki penampilan klasik petinju kelas berat.

Namun kecepatan dan agresivitasnya ternyata sangat mengejutkan di atas ring dan membuat sebagian besar lawannya kewalahan. Selain itu Mike Tyson juga menjadi juara kelas berat termuda dalam sejarah pada 22 November 1986.

Sementara itu, setelah kematian D’Amato dan manajer Jimmy Jacobs, Tyson kemudian menjadi rekan dengan promotor kontroversial Don King. Ia juga berhasil mempertahankan 10 gelar kelas berat dunianya termasuk kemenangan atas mantan juara Larry Holmes dan Michael Spinks.


Dikenal Sebagai Petinju yang Paling Ditakuti

Mike Tyson (wikimedia commons)
Mike Tyson (wikimedia commons)

Karier Mike Tyson dalam dunia tinju memang sangat bersinar dan terkenal di antara penggemar tinju di seluruh dunia. Bahkan Mike Tyson juga disebut sebagai seorang petinju yang paling ditakuti karena kebrutalannya.

Mike banyak menghasilkan gelar kejuaraan dari ajang-ajang tinju bergengsi dan mampu menggabungkan tiga sabuk juara dunia IBF, WBC, dan WBA. Meskipun mempunyai karier yang bersinar Mike tidak terlepas dari kontroversi dan masalah.

Ia bahkan sering mengalami banyak masalah baik dalam pernikahan dan kehidupan pribadinya. Mike Tyson pertama kali menikah dengan Robin Givens namun hubungan pernikahannya berjalan kurang harmonis.

Mike disebut-sebut melakukan kekerasan dalam rumah tangga hingga akhirnya bercerai dengan sang istri. Kemudian Mike menikah lagi dengan Dr. Monica Turner hingga mempunyai anak namun pernikahannya tidak berlangsung lama.

Selain itu Mike diterpa berbagai masalah dengan pihak luar seperti dikabarkan dicurangi oleh Don King dan Bill Cayton yang saat itu menjadi manajernya. Kemudian kontraknya yang dimanipulasi dan membuatnya kecewa.

Mike sempat masuk penjara pada 1992 karena tuduhan pemerkosaan terhadap peserta Miss Black Amerika 1991 Desiree Washington. Ia dinyatakan bersalah dan dipenjara selama tiga tahun dan sejak itu ia terpaksa vacuum dari pertandingan.

Setelah keluar penjara Mike dikabarkan memutuskan untuk memeluk agama Islam dan agama tersebut yang ia pelajari selama di penjara. Mike jug mempunyai nama muslim yaitu Malik Abdul Aziz.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya