Jangan Sepelekan, Berikut Makanan dan Minuman yang Membahayakan Kesehatan Gigi

Dengan menghindari makanan dan minuman penyebab gigi keropos serta menjaga kebersihan mulut secara teratur, kita dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

oleh Novia Harlina diperbarui 23 Apr 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2024, 07:00 WIB
Gigi
Ilustrasi Gigi Sehat Credit: pexels.com/Alexandra

Liputan6.com, Jakarta - Gigi keropos atau biasa disebut karies gigi adalah masalah umum yang bisa memengaruhi siapa saja, tanpa memandang usia.

Kondisi ini terjadi ketika lapisan keras luar gigi (email) mengalami kerusakan akibat asam yang dihasilkan oleh bakteri dalam mulut.

Namun tahukah Anda, makanan dan minuman apa saja yang dapat membuat gigi menjadi keropos?

1. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi, seperti minuman bersoda dan minuman bersoda diet, mengandung tingkat keasaman yang tinggi. Asam dalam minuman ini dapat melarutkan lapisan email gigi, menyebabkan keropos dan membuka pintu bagi serangan bakteri.

2. Makanan dan Minuman Manis

Gula adalah makanan utama bagi bakteri dalam mulut. Ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula, bakteri akan memprosesnya menjadi asam, yang kemudian mengikis lapisan email gigi.

Makanan dan minuman manis termasuk permen, cokelat, kue, minuman ringan manis, serta jus buah yang mengandung gula tambahan.

3. Makanan Asam

Makanan yang tinggi asam, seperti jeruk, lemon, tomat, dan cuka, dapat melarutkan lapisan email gigi. Meskipun buah-buahan dan sayuran ini memiliki nilai gizi yang baik, konsumsilah dengan bijak dan pastikan untuk berkumur air setelah mengonsumsinya.

4. Makanan dan Minuman Berwarna

Makanan dan minuman berwarna cerah, seperti kopi, teh, anggur merah, dan saus tomat, dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi dan juga memperburuk gigi keropos. Pigmen dalam makanan ini dapat menempel pada gigi dan memberikan kesan gigi yang kusam.

5. Makanan dan Minuman Asam Buah

Selain buah-buahan yang tinggi asam, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan dan minuman yang mengandung asam buah konsentrat juga berpotensi merusak lapisan email gigi.

Misalnya, minuman bersoda jeruk, yang memiliki kandungan asam buah yang tinggi.

6. Makanan dan Minuman Panas

Mengonsumsi makanan atau minuman panas dapat membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Suhu tinggi dapat membuka pori-pori gigi dan membuat lapisan email lebih mudah larut dalam asam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Simak Video Pilihan Ini:


Cara Mencegah Keroposnya Gigi

Untuk mencegah gigi keropos, penting untuk mengontrol asupan makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan menggunakan benang gigi secara teratur dapat membantu menghilangkan sisa makanan dan plak yang dapat menyebabkan gigi keropos.

2. Menghindari Konsumsi Berlebihan

Batasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam, terutama yang dikonsumsi secara berlebihan.Minum Air Setelah Makan: Minum air setelah makan atau minum dapat membantu membersihkan sisa makanan dan mengurangi tingkat keasaman dalam mulut.

3. Kunyah Permen Karet Tanpa Gula

Mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan dapat merangsang produksi air liur, yang membantu membersihkan sisa makanan dan mengurangi tingkat asam dalam mulut.

4. Berkonsultasi dengan Dokter Gigi

Rutin melakukan pemeriksaan gigi dan konsultasi dengan dokter gigi dapat membantu mendeteksi masalah gigi lebih awal dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Dengan menghindari makanan dan minuman penyebab gigi keropos serta menjaga kebersihan mulut secara teratur, kita dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Tetaplah sadar akan apa yang kita konsumsi dan perhatikan dampaknya terhadap kesehatan gigi kita.

 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya