22 April Hari Bumi, Ini Cara Merayakannya

Hari Bumi menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang isu lingkungan secara global.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 22 Apr 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2024, 15:00 WIB
Google Doodle Hari Bumi 2024: Jelajahi Keindahan Bumi dan Bermain Game Lebah Seru!
Google Doodle Hari Bumi 2024: Jelajahi Keindahan Bumi dan Bermain Game Lebah Seru!. (Doc: Google Doodle)

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Bumi diperingati setiap 22 April. Berbagai cara bisa dilakukan untuk merayakan Hari Bumi.

Hari Bumi menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang isu lingkungan secara global. Tahun ini, peringatan Hari Bumi 2024 mengangkat tema "Planet vs. Plastics" yang menyoroti pentingnya mengurangi penggunaan plastik yang berdampak negatif terhadap lingkungan.

Mengutip dari laman Earth Day, Hari Bumi menandai peringatan kelahiran gerakan lingkungan modern 1970. Kondisi lingkungan Amerika Serikat memburuk akibat tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California.

Senator Gaylord Nelson pun menginginkan masyarakat Amerika Serikat memiliki kesadaran terhadap polusi udara dan air. Dari sana terciptalah pergerakan Hari Bumi yang pertama kali dilaksanakan pada 22 April 1970 melalui aksi turun ke jalan.

Sejak itu, 22 April menandai peringatan Hari Bumi setiap tahunnya hingga kini. Selain dengan aksi turun ke jalan, merayakan Hari Bumi juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya:

1. Membersihkan lingkungan

Hal paling mudah yang bisa dilakukan untuk ikut berpartisipasi dalam perayaan Hari Bumi adalah membersihkan lingkungan di sekitar tempat tinggal. Menjaga lingkungan merupakan salah satu langkah kecil yang berdampak positif terhadap lingkungan.

Selain rumah, kamu juga bisa membersihkan lingkungan di beberapa tempat umum di sekitar lingkungan, seperti taman, pantai, sungai, hingga area kotor lainnya. Kamu bisa memungut sampah di sana dan menyediakan tempat sampah jika belum tersedia.

2. Edukasi

Aksi nyata membersihkan lingkungan sekaligus bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya. Dengan demikian, kamu juga bisa memberikan edukasi terkait lingkungan. Edukasi ini juga bisa dilakukan untuk diri sendiri dengan memperkaya pengetahuan tentang perubahan iklim, limbah plastik, dan lainnya.

3. Kampanye pengurangan penggunaan plastik

Langkah selanjutnya, kamu bisa memberikan edukasi tentang dampak negatif penggunaan plastik sekali pakai kepada orang lain melalui kampanye. Tak melulu aksi turun ke jalan, kamu tetap bisa melakukan kampanye melalui media sosial yang sekaligus bisa menjadi edukasi bagi teman-teman di jejaring sosialmu.

4. Kurangi penggunaan plastik

Tak hanya kampanye, pengurangan penggunaan plastik juga harus dilakukan mulai dari diri sendiri. Kurangi penggunaan plastik sekali pakai mulai dari botol minuman, tas belanja, ataupun sedotan plastik.

5. Menanam pohon

Selain dengan menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik, merayakan Hari Bumi 2024 juga bisa dilakukan dengan menanam pohon. Kamu bisa menanam pohon di sekitar rumah untuk mendapatkan kualitas udara yang lebih baik.

 

Penulis: Resla

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya