Catat, 6 Tempat Makan Rawon Legendaris di Surabaya

Rawon merupakan kuliner nikmat dan pernah masuk daftar makanan sup terkenak di dunia. Berikut ini tempat makan rawon enak di Surabaya yang cukup legendaris.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 02 Jun 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2024, 12:00 WIB
rawon
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Bandung - Indonesia menyimpan beragam jenis kuliner nikmat dan populer di antara masyarakatnya. Salah satu harta kuliner Indonesia yang terkenal adalah makanan Rawon yang identik dengan hidangan sup dengan kuah berwarna hitam pekat.

Sebagai informasi Rawon termasuk sebagai salah satu kuliner khas Jawa Timur berupa sup daging dengan kuah berwarna hitam. Makanan ini tidak hanya dikenal di daerah asalnya tetapi juga di berbagai daerah lain.

Makanan ini biasanya juga dicampur dengan tambahan bawang goreng, sambal, atau jeruk nipis sesuai selera. Makanannya juga nikmat dikonsumsi bersama nasi hangat untuk sajian makan siang atau makan malam.

Berdasarkan informasi dari situs Kemenparekraf, makanan ini pernah berhasil masuk daftar Sup Terbaik di Dunia 2023 versi Taste Atlas. Diketahui Rawon sendiri sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit.

Hal tersebut dibuktikan dengan disebutnya makanan ini dalam Prasasti Taji (901 M) di Ponorogo, Jawa Timur. Melalui prasasti tersebut rawon ditulis dengan nama “Rarawwan” dan dalam catatan “Serat Wulangan Olah-olah Warna-warni” (1926) rawon disebut sebagai hidangan bagi para raja-raja.

Dahulu Rawon menggunakan daging kerbau namun saat ini dagingnya lebih populer menggunakan daging sapi. Rawon juga populer dengan rasanya yang khas karena menggunakan bumbu-bumbu rempah yang khas.

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini rangkuman tempat makan rawon enak yang bisa ditemukan di Surabaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Tempat Makan Rawon Legendaris di Surabaya

resep rawon
ilustrasi rawon/copyright Shutterstock

1. Rawon Nguling

Rawon Nguling dikenal sebagai salah satu tempat makan rawon legendaris karena sudah berdiri sejak 1940-an di Nguling, Pasuruan. Tempat makannya juga sudah mempunyai beberapa cabang dan salah satunya ada di Surabaya.

Diketahui Rawon Nguling identik dengan jenis kuah khas yang tidak terlalu kental dan menyajikan tauge serta lauk pendamping. Melansir dari ulasan Google tempatnya meraih rating 4.2 dari total 851 pengguna.

Lokasi Rawon Nguling Surabaya berada di Jl. Raya Kendangsari Industri No.41b, Kendangsari, Kec. Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 20.30.

2. Rawon Gajah Mada

Rawon Gajah Mada dikenal sebagai tempat makan rawon populer di Surabaya karena kuahnya yang khas. Tempat ini juga terkenal dengan kuah pekat dengan isian daging empal yang lembut.

Sama seperti rawon pada umumnya Rawon Gajah Mada juga memberikan taburan daun bawang nikmat, bawang goreng, dan tauge. Melalui ulasan Google tempat ini meraih rating 4.1 dari total 850 ulasan pengguna.

Lokasinya berada di Ruko Grand A Yani No 151 Kav 1-3 Jl Frontage A Yani, Jl. Jemur Ngawinan, Wonocolo, Surabaya dengan jam buka setiap hari pukul 12.00 hingga 01.00.


Berikutnya

Rawon
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

3. Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator terkenal sebagai tempat makan rawon yang unik karena namanya terinspirasi dari sang pemilik yang mempunyai kemampuan menghitung total harga pembeli dengan cepat tanpa membutuhkan kalkulator.

Tempatnya juga dikenal legendaris karena telah berdiri selama 35 tahun dan selalu ramai dikunjungi pembeli yang ingin mencicipi kenikmatan Rawonnya. Melansir dari ulasan Google tempat ini meraih rating 4.4 dari total 7.854 pengguna.

Lokasinya berada di kawasan Taman Bungkul, Sentra PKL Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 03.00.

4. Rawon Pak Pangat

Tempat makan ini populer sebagai tempat Rawon nikmat dan menyajikan menu yang bervariasi. Diketahui terdapat rawon jenis krengsengan, rawon campur, hingga rawon empal suwir.

Rawon Pak Pangkat juga populer dengan kuah rawonnya yang berpadu dengan krengsengan. Berdasarkan ulasan Google Rawon Pak Pangat mempunyai rating 4.5 dari total 7.000 pengguna.

Lokasinya berada di Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Ketintang, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur dengan jam buka setiap hari pukul 06.30 hingga 20.00.


Selanjutnya

ilustrasi rawon dagin/doyanresep
ilustrasi rawon dagin/doyanresep

5. Rawon Ibu Soepinah

Rawon Ibu Soepinah terkenal sebagai tempat makan rawon legendaris karena telah berdiri sejak 1966. Tempatnya populer karena memiliki rasa kuah yang gurih yang berpadu satu dengan nasi dan empal serundeng.

Tempat makan ini juga menyajikan menu lain selain Rawon seperti semur, nasi campur, dan lain-lain. Mengutip dari ulasan Google tempatnya meraih rating 4.6 dari total 58 ulasan pengguna.

Lokasi Rawon Ibu Soepinah berada di Jl. Pasar Kembang No.85, Wonorejo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur dengan jam buka setiap hari pukul 05.00 hingga 12.00.

6. Rawon Setan

Rawon Setan terkenal dengan menu rawonnya yang pedas sehingga nama tempatnya merujuk kepada rasa rawonnya. Selain memiliki sambal khas Rawon Setan juga memiliki warna kuah hitam pekat dengan bumbu yang berempah.

Diketahui para pembeli juga bisa memilih tambahan isi kuah rawon mulai dari isian jeroan, telur, daging, dan lain-lain. Melalui ulasan Google tempat ini meraih rating 4.3 dari total 8.790 pengguna.

Rawon Setan berlokasi di Jl. Embong Malang, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.00.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya