Ragam Kuliner di Pasar Gede Solo, dari Cabuk Rambak hingga Tahok

Tak hanya kaya dengan ragam kuliner, Pasar Gede Solo juga menjadi pusat kegiatan jual beli yang kental dengan sejarah.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 06 Jun 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2024, 05:00 WIB
Tengkleng di Pasar Gede Solo
Tengkleng di Pasar Gede Solo. (Bola.com/Yus Mei Sawitri)

Liputan6.com, Solo - Ragam Kuliner di Pasar Gede Solo, dari Cabuk Rambak hingga Tahok Paar Gede Harjonagoro berlokasi di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta. Pasar yang lebih dikenal dengan nama Pasar Gede ini memiliki berbagai kuliner khas yang menjadi incaran pengunjung.

Tak hanya kaya dengan ragam kuliner, Pasar Gede Solo juga menjadi pusat kegiatan jual beli yang kental dengan sejarah. Mengutip dari surakarta.go.id, Pasar Gede sudah ada sejak 1927.

Selama itu pula, pasar ini telah menjadi pusat kuliner bagi wisatawan yang ingin menikmati kuliner Solo. Seperti pasar pada umumnya, pengunjung juga bisa berburu sayur, buah, daging, ikan, hingga kebutuhan rumah tangga.

Pasar Gede tak hanya menjual makanan tradisional, tetapi juga beragam makanan kekinian. Berikut beberapa kuliner Pasar Gede Solo yang lezat:

1. Cabuk Rambak

Cabuk rambak adalah makanan ringan yang cukup mengenyangkan. Dalam seporsi cabuk rambak berisi potongan ketupat yang diberi bumbu kacang dan karak.

Bagi yang ingin menikmati cabuk rambak di Pasar Gede bisa menemukannya dengan mudah. Dari pintu masuk utama, lurus, dan berada di sebelah kanan jalan.

2. Es Dawet

Setelah lelah berkeliling di Pasar Gede, tentu akan menyenangkan bisa menemukan minuman segar. Salah satu minuman tradisional yang bisa ditemukan di pasar ini adalah es dawet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gempol Pleret

3. Gempol Pleret

Selain es dawet, minuman lain yang bisa ditemukan di Pasar Gede adalah gempol pleret. Minuman tradisional ini terdiri dari gempol dan pleret yang tak hanya menyegarkan tetapi juga mengenyangkan.

Gempol memiliki warna putih dengan rasa gurih. Sementara pleret berwarna cokelat kemerahan dengan rasa manis.

4. Lenjongan

Lenjongan merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong. Lenjongan terdiri dari tiwul, cenil, gatot, ketan ireng, pisang ijo, gethuk, hingga jadah.

Makanan tradisional ini disajikan dengan gula merah cair dan parutan kelapa. Lenjongan juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

5. Nasi Liwet

Salah satu makanan tradisional khas Solo, nasi liwet, juga tersedia di Pasar Gede. Nasi liwet terdiri dari nasi gurih, sayur labu siam, hingga suwiran daging ayam.

7. Tahok

Berkunjung ke Pasar Gede kurang lengkap jika tak menikmati tohok. Pasalnya, tohok merupakan kuliner legendaris di Pasar Gede. Tohok merupakan minuman dengan cita rasa manis, gurih, dan hangat yang terbuat dari jahe, gula aren, dan serai.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya