7 Kuliner Kalimantan Timur yang Wajib Dicoba

Kuliner-kuliner yang masih dilestarikan ini dibuat dengan aneka rempah kaya rasa dan aroma, sehingga menyajikan masakan yang lezat di lidah. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut kuliner Kalimantan Timur yang wajib dicoba.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 19 Jul 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 17:00 WIB
Kuliner Kalimantan Timur
Sambal Raja Kutai, salah satu sajian khas Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. (dok. Instagram @yulianamenjoi/https://www.instagram.com/p/B08a9XMF3OF/)

Liputan6.com, Samarinda - Selain menjelajahi keindahan alam dan mengenal budaya tradisional di Kalimantan Timur, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu mencicipi aneka kuliner khasnya. Deretan kuliner khas Kalimantan Timur juga memiliki cita rasa khas yang unik, layaknya kuliner khas di daerah lain.

Kuliner-kuliner yang masih dilestarikan ini dibuat dengan aneka rempah kaya rasa dan aroma, sehingga menyajikan masakan yang lezat di lidah. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut kuliner Kalimantan Timur yang wajib dicoba:

1. Ayam cincane

Ayam cincane dibuat dari ayam kampung yang dimasak dengan aneka bumbu rempah. Sajian ini dimasak dengan santan, asam jawa, jeruk nipis, bawang merah, cabai, kemiri, jahe, lengkuas, daun salam, serai, terasi bakar, dan kecap manis.

Rempah-rempah tersebut dihaluskan, kemudian ditumis hingga harum. Bumbu inilah yang nantinya dibalurkan ke tubuh ayam dan diungkep hingga daging empuk. Jika sudah empuk, ayam kemudian dibakar atau dipanggang menggunakan arang.

2. Daging masak bumi hangus

Daging masak bumi hangus memiliki tampilan hitam yang mirip masakan hangus. Namun, warna tersebut bukan karena gosong, melainkan karena penggunaan kecap manis sebagai bumbu utamanya.

Sajian ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Daging yang sudah dipotong-potong kemudian dimasak cukup lama menggunakan kecap dan berbagai rempah-rempah yang menghasilkan cita rasa manis dan gurih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gence Ruan

3. Gence ruan

Gence ruan sebenarnya merupakan olahan ikan haruan atau yang dikenal dengan ikan gabus. Ikan tersebut diolah dengan cara dibakar langsung di atas bara api.

Setelah dibakar, ikan gabus disiram dengan bumbu khas Kalimantan Timur yang diberi nama gence. Bumbu tersebut dibuat dari campuran rempah-rempah dan cabai. Sajian ini menawarkan tekstur daging ikan yang lembut dengan sambal goreng khas yang pedas.

4. Nasi bekepor

Nasi bekepor sekilas terlihat mirip nasi liwet atau nasi uduk. Bedanya, nasi bekepor menggunakan minyak sayur, cabai, ikan asin, daun salam, kemangi, dan beberapa campuran rempah-rempah lain.

Sajian ini memiliki cita rasa yang lebih gurih. Selain itu, kuliner ini juga cukup spesial karena dimasak secara tradisional menggunakan kayu bakar atau arang. Sajian ini biasanya disantap bersama daging masak bumi hangus, ayam cincane, atau sambal raja khas Kutai.

 


Pisang Gapit

5. Pisang gapit

Kalimantan Timur juga memiliki kudapan berupa makanan manis yang cukup menggoyang lidah, yakni pisang gqpit. Sesuai namanya, pisang gapit merupakan hidangan pisang yang digapit atau dijepit, lalu dibakar hingga setengah matang.

Pisang kemudian disiram dengan saus manis kental yang terbuat dari gula merah, santan, dan daun pandan. Makanan ini cocok dijadikan camilan sore sambil menikmati secangkir teh.

6. Sate payau 

Bukan terbuat dari daging ayam, daging sapi, maupun daging kambing, sate payau adalah makanan khas Kalimantan Timur yang terbuat dari daging rusa. Sate payau diolah dengan memadukan potongan daging rusa dengan campuran saus kecap dan cabai merah kering.

7. Sayur gangan asam kutai

Sayur gangan asam kutai merupakan kuliner khas Kalimantan Timur yang menggunakan potongan kepala ikan gabus sebagai salah satu bahan campuran utama. Biasanya, sayur ini berisi kangkung, talas, serta jantung pisang batu.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya