Intip, 6 Rekomendasi Wisata Alam di Malang untuk Liburan Bersama Teman

Menikmati wisata alam bersama teman menjadi momen yang tidak akan pernah terlupakan. Berikut ini 6 rekomendasi wisata alam di Malang yang bisa dikunjungi.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 27 Jul 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 06:00 WIB
Kawasan wisata Lembah Indah di Kabupaten Malang, Jawa Timur
Kawasan wisata Lembah Indah di Kabupaten Malang, Jawa Timur. (dok.Instagram @lembahindah/https://www.instagram.com/p/CQK0COwrp38/Henry)

Liputan6.com, Bandung - Kota Malang menjadi salah satu kota yang menawarkan sejumlah keindahan wisata alam yang luar biasa. Kota ini terletak di Provinsi Jawa Timur dan dikenal sebagai destinasi wisata favorit bagi banyak orang.

Tidak jauh berbeda dengan kota lainnya di Indonesia, Malang juga menawarkan wisata alam mulai dari air terjun, gunung, pantai, hingga perkebunan yang indah. Bahkan cocok dikunjungi bersama keluarga, rekan kerja, dan teman.

Berlibur ke Malang bersama teman tentunya menawarkan pengalaman dan berbagai manfaat yang baik. Salah satunya mempererat hubungan karena menghabiskan waktu bersama teman-teman di tempat yang baru.

Kemudian menikmati liburan di alam memberikan kesempatan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Melihat pemandangan alam yang indah juga bisa membantu seseorang untuk mengurangi stresnya.

Berdasarkan sejumlah penelitian bahkan ditemukan bahwa berlibur ke alam bisa membantu seseorang meningkatkan kesehatan mentalnya. Sehingga terbukti memiliki efek positif terutama jika dinikmati bersama keluarga.

Pemandangan alam yang hijau hingga suara alam yang merdu sangat membantu mengurangi kecemasan. Momen bahagia yang dilalui bersama teman dapat menjadi kenangan indah yang meningkatkan rasa bahagia.

Menikmati waktu berlibur di alam juga menawarkan aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama teman-teman. Salah satunya berkemah, trekking, bermain atau bahkan sekedar menikmati pemandangan dan berwisata kuliner.

Berdasarkan informasi dari sejumlah sumber berikut ini daftar rekomendasi wisata alam menarik di Malang yang wajib untuk dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Rekomendasi Wisata Alam di Malang

Pantai Tiga Warna, Primadona Baru di Timur Jawa
Pantai Tiga Warna jadi asalan lain untuk menjelajah ujung timur Jawa.

1. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna merupakan salah satu wisata alam populer di Malang yang menawarkan pemandangan indah dan mempesona. Seperti namanya pantai ini mempunyai gradasi tiga warna yang cantik.

Warna tersebut di antaranya biru, hijau, dan cokelat kemerahan dan berpadu menjadi pemandangan yang menakjubkan. Diketahui tiga warna tersebut berasal dari pembiasan cahaya matahari dan plankton di pantainya.

Sebagai informasi Pantai Tiga Warna termasuk sebagai kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung. Para pengunjung bisa melakukan aktivitas snorkeling atau bersantai di tepi pantai.

Lokasi Pantai Tiga Warna berada di Jl. Selendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

2. Coban Rondo

Bagi pencinta air terjun wajib untuk menikmati wisata alam yang dikenal dengan nama Coban Rondo. Tempat wisata ini terkenal dengan keindahannya dan legendanya yang terkenal di antara masyarakat.

Dalam kisahnya legenda air terjun ini berawal dari sepasang pengantin baru bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Suaminya Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmara. Dikisahkan Joko Lelono yang tidak jelas asal usulnya terpikat dengan pesona sang dewi.

Joko pun berusaha merebut Dewi Anjarwati hingga terjadi perkelahian sengit selama tiga hari tiga malam dan membuat keduanya tewas. Sejak itu Dewi Anjarwati berstatus menjadi janda dan air terjunnya tempatnya menunggu sang suami dinamai Coban Rondo yang berarti air terjun janda.

Lokasi Coban Rondo berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, dan bisa diakses dengan perjalanan darat.


Rekomendasi Selanjutnya

Wisata Malang Raya
Goa Pinus, Batu. (dok. Instagram @sunjayaliem/https://www.instagram.com/p/CF1vw2Pp0YR/)

3. Goa Pinus

Goa Pinus terkenal sebagai kawasan wisata indah dan memiliki spot menarik yang instagramable. Pasalnya tempat ini sudah didesain dengan cantik sehingga populer di antara anak muda.

Diketahui goa ini merupakan goa peninggalan Jepang dan kawasannya berada di lokasi banyak pohon pinus yang cantik. Kawasan ini juga terkenal dengan cuaca yang sejuk karena pepohonan dan lokasinya yang ada di perbukitan.

Tiket masuk ke tempat wisata ini juga cukup terjangkau dan buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Goa Pinus berlokasi di Gang Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

4. Lembah Indah Malang

Lembah Indah Malang menawarkan pengalaman berlibur di alam terbuka yang menarik terutama bersama teman-teman. Pasalnya tempat ini menyediakan area bermalam atau staycation dengan nuansa yang unik.

Tempat wisata ini berlokasi di lereng Gunung Kawi dan mempunyai konsep unik yang menampilkan pesona pemandangan alamnya. Wisatawan juga bisa melakukan sejumlah aktivitas menarik mulai dari outbound, edukasi, gazebo, kuliner, dan lain-lain.

Lokasi Lembah Indah Malang berada di Desa Gendogo Baleasri, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Berikutnya

Kebun teh
Kebun Teh Wonosari Malang (dok.Instagram@rifdhaharosy_/https://www.instagram.com/p/BeK6o8SAymx/Devita Nur Azizah

5. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari merupakan salah satu wisata alam populer yang terkenal dengan pemandangan hijau daun teh yang luas dan sejuk. Tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan kebun yang megah tetapi juga sejumlah aktivitas menarik.

Diketahui tempat ini terdapat sarana rekreasi menarik mulai dari kolam renang, wahana outbound, jalur sepeda, hingga motor trail. Wisatawan juga bisa mendapatkan pengetahuan baru terkait teh dan tur kebun dan pabriknya.

Lokasinya sendiri berada di Lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan buka setiap hari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

6. Coban Jahe 

Coban Jahe merupakan tempat wisata yang cukup populer di Malang dan jalurnya bisa dengan mudah dikunjungi wisatawan. Selain itu terdapat kampung pohon yang dikenal dengan pemandangan instagramable.

Tempat wisata ini sudah dibuka sejak 2014 dan terkenal dengan pemandangan air terjunnya yang mempesona. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan berfoto atau bersantai dan yang ingin berenang harus tetap berhati-hati.

Lokasi Coban Jahe berada di Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya